10 Lokasi di Pantai Selatan Jawa yang Bisa Disinggahi Saat Mudik

      Comments Off on 10 Lokasi di Pantai Selatan Jawa yang Bisa Disinggahi Saat Mudik
TRAVEL – Jalur pantai selatan menjadi salah satu jalur yang ramai dilewati pemudik setiap tahunnya. Dibandingkan jalur pantura, jalur pantai selatan memiliki pemandangan alam yang terlihat lebih indah dengan akses khas pegunungan di beberapa titik. Beberapa destinasi yang ada di jalur pantai selatan pun bisa Anda kunjungi saat mudik Lebaran.

Lalu apa saja destinasi wisata yang ada di jalur pantai selatan? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Travelingyuk.

1. Waduk Jatiluhur

Pantai Selatan Jawa

Jika memulai perjalanan dari Jakarta, Anda akan melewati Purwakarta dan dapat keluar di Gerbang Tol Jatiluhur. Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan waduk. Selain Waduk Jatiluhur, ada juga Bukit Panenjoan yang menawarkan pemandangan dari ketinggian.

2. Kampung Tulip, Bandung

Setelah melanjutkan perjalanan dari Purwakarta, Anda akan tiba di Kota Banndung. Salah satu destinasi wisata yang dekat dengan jalan tol mudik adalah Kampung Tulip Bandung, sebuah taman bunga warna-warni yang bisa menjadi spot selfie. Destinasi ini juga menyediakan tempat peristirahatan.

3. Ciung Wanara Ciamis

Pantai Selatan Jawa

Wisata budaya Ciung Wanara dekat dengan jalan yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah melalui jalur pantai selatan yaitu di Ciamis. Destinasi ini memiliki area berupa hutan dengan beberapa situs dari zaman kerajaan Hindu Budha. Suasananya sejuk dan cocok dijadikan tempat beristirahat setelah lelah berkendara.

4. Pantai Pangandaran
Jika ingin berkendara sedikit lebih jauh dari jalur selatan, Anda bisa mampir ke Pantai Pangandaran. Pantai ini menawarkan laut yang biru serta pepohonan rindang menawarkan kesejukan yang layak

untuk dikunjungi.

5. Baturaden

Pantai Selatan Jawa

Batturaden menghadirkan wisata yang lengkap. Anda bisa menemukan hutan pinus, air terjun, kolam pemandian hingga spot-spot foto dengan taman bunga warna-warni. Jika ingin bermalam, tersedia juga beberapa tempat menginap dengan fasilitas yang lengkap.

6. Pantai-pantai di Kebumen
Kebumen merupakan kabupaten di pesisir selatan Jawa Tengah. Pantai pun dekat dengan jalan besar yang menghubungkan dengan kota tetangga seperti Pantai Bopong, Pantai Karang Bolong, Pantai Logending hingga Pantai Menganti. Jangan lupa mampir sejenak ke beberapa pantai tersebut agar perjalanan mudik Anda semakin menyenangkan.

7. Pantai Pasir Kadilangu

Pantai Selatan Jawa

Dari Kebumen, Anda akan melewati Kabupeten Purworejo. Setelah itu bisa mengambil jalan menuju jalur Selatan Yogyakarta melalui Kulon Progo. Tempat wisata yang bisa dikunjungi begitu tiba di Yogyakarta adalah Pantai Pasir Kadilanggu. Di sini Anda bisa jelajah hutan mangrove yang indah atau Pantai Glagah dengan ombak yang besar dan mendebarkan.

8. Yogyakarta 

Lewat jalur pantai selatan rasanya kurang lengkap jika tidak singgah di pusat kota Yogyakarta. Anda bisa menikmati kuliner malam yang lezat dan membeli berbagai macam oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Selain itu, ada banyak hotel mulai dari yang murah hingga mahal untuk dijadikan sebagai tempat istirahat dan memeriksa ulang kendaraan Anda.

9. Pantai-pantai di Pacitan

Pantai Selatan Jawa

Wisata bahari menjadi andalan dari kabupaten ini. Anda bisa menikmati pantai dengan panorama serba indah dengan ombak menggulung dengan cantik dan memanjakan mata. Salah satu yang jadi primadona tentu saja adalah Pantai Klayar di Donorojo.

10. Pantai-pantai di Tulungagung
Dari Pacitan, Anda akan melewati beberapa kabupaten lagi seperti Ponorogo dan Trenggalek kemudian akan tiba di Tulungagung. Fasilitas berupa penginapan sudah banyak tersedia di kabupaten ini termasuk juga restoran dan destinasi wisata. Anda bisa mengunjungi pantai eksotis seperti Kedung Tumpang dan Pantai Patuk Gerbang.

Tulungagung tentu bukan ujung dari jalur pantai selatan. Masih ada Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan berakhir di Banyuwangi.