10 Orang terkaya dalam sejarah umat manusia

      Comments Off on 10 Orang terkaya dalam sejarah umat manusia

KARTU66 – Siapakah orang terkaya di dunia? Jika diberi pertanyaan seperti itu mungkin Anda akan langsung menjawab Bill Gates, Mark Zuckerberg, atau Jeff Bezos. Tetapi harta tiga miliuner dunia itu sebenarnya masih belum bisa dibandingkan dengan orang-orang terkaya sepanjang sejarah.

dar informasi, Bill Gates dengan kekayaan tertinggi yang pernah dimilikinya mampu meraup 144 miliar dolar. Namun jumlah ini hanya menempatkan dirinya di posisi 19. Sementara Muammar Gaddafi, mantan diktator Libya berada di posisi 13 dengan kekayaan 212 miliar dolar setelah disesuaikan dengan inflasi.

Lalu siapa saja orang-orang terkaya sepanjang sejarah dunia? Berikut ini kami tampilkan dari posisi 10 sampai 1, dilansir dari MSN Money. Estimasi nilai kekayaan tertinggi yang pernah dimiliki dihitung dengan penyesuaian berdasar tingkat inflasi saat ini.

10. Osman Ali Khan, Asaf Jah VII (Kekayaan tertinggi: $230 miliar)

KARTU66 – Ali Khan merupakan pemegang gelar Asaf Jah yang ketujuh dan penguasa terakhir Hyderabad, India. Ali Khan memegang jabatan sebagai penguasa absolut untuk kepangeranan Hyderabad sejak tahun 1911 sampai 1948.

Di awal abad 20 Ali Khan dikenal sebagai pria terkaya di dunia, dengan kekayaan mencapai $2 miliar pada tahun 1940-an. Jika disesuaikan dengan tingkat inflasi saat ini, kekayaannya bisa menyamai 2% pendapatan nasional Amerika Serikat.

9. Tsar Nicholas II dari Rusia (Kekayaan tertinggi: $300 miliar)

KARTU66 – Nicholas II dari wangsa Romanov memimpin Kekaisaran Rusia sebagai tsar agung. Ia menjabat sejak tahun 1894 hingga 1917 ketika Bolshevik melakukan kudeta dan seluruh anggota keluarga Romanov dieksekusi.

Pada masa pemerintahannya Nicholas merupakan satu-satunya orang yang memiliki akses ke seluruh peti harta nasional, membuatnya menjadi salah satu raja terkaya dalam sejarah. Jika dikonversi, kekayaan Nicholas sebelum tewas setara dengan $300 miliar.

– Nicholas II dari wangsa Romanov memimpin Kekaisaran Rusia sebagai tsar agung. Ia menjabat sejak tahun 1894 hingga 1917 ketika Bolshevik melakukan kudeta dan seluruh anggota keluarga Romanov dieksekusi.

Pada masa pemerintahannya Nicholas merupakan satu-satunya orang yang memiliki akses ke seluruh peti harta nasional, membuatnya menjadi salah satu raja terkaya dalam sejarah. Jika dikonversi, kekayaan Nicholas sebelum tewas setara dengan $300 miliar.

KARTU66 – Berawal dari operator telegraf dari Skotlandia, Andrew Carnegiemeraih kesuksesan dengan memimpin ekspansi besar-besaran industri baja Amerika Serikat pada akhir abad 19.

Pada tahun 1860-an Carnegie berinvestasi di proyek pembangunan jalur kereta api, kereta sleeper, jembatan, dan derek minyak. Selanjutnya dia menambah isi pundi-pundi kekayaan dengan menjual obligasi. Carnegie membangun Pittsburgh Carnegie Steel Company, yang dijualnya kepada J. P. Morgan pada tahun 1901 seharga $480 juta. Setelah menjual Carnegie Steel, ia melampaui John D. Rockefeller sebagai orang terkaya di Amerika.

Selama 18 tahun terakhir hidupnya, Carnegie memberikan hampir 90% kekayaannya untuk berbagai yayasan amal dan lembaga pendidikan. Dari sanalah dia dikenal sebagai filantropis pertama di Amerika Serikat.

7. John D. Rockefeller (Kekayaan tertinggi: $367 miliar)

KARTU66 – Seperti yang sudah disebutkan dalam poin sebelumnya, John D. Rockefeller adalah pria terkaya dalam sejarah Amerika Serikat yang kemudian gelarnya digeser oleh Andrew Carnegie. Ia juga dikenal sebagai dermawan yang sangat royal dalam berdonasi.

Rockefeller mendirikan perusahaan minyak Standard Oil pada tahun 1870. Melalui perusahaan tersebut ia berhasil menguasai dan mengontrol 90% bisnis minyak di Amerika Serikat.

Menurut estimasi pakar ekonomi Peter Bernstein, kekayaan Rockefeller bakal bernilai $367 miliar saat ini.

6. Raja Mansa Musa I dari Mali (Kekayaan tertinggi: $415 miliar)

KARTU66  – Musa I disebut sebagai pria kulit hitam terkaya dalam sejarah. Ia adalah orang paling kaya di seluruh benua Afrika. Selama 25 tahun pemerintahannya (1312-1327), daerah kekuasaan Musa I meliputi Mali dan Ghana.

Menurut ahli sejarah dari Ferrum College, Richard Smith, kerajaan Mali merupakan produsen emas terbesar di dunia pada saat itu. Kerajaan tersebut bisa memproduksi 1 ton emas setiap tahun yang mereka perdagangkan dengan Venesia, Genoa, dan Mesir.

Musa I disebut memakai aksesoris emas murni dari ujung kepala hingga ujung kaki. Gaya hidupnya begitu mewah. Satu kunjungan darinya saja bisa membuat sebuah negara mengalami krisis mata uang.

5. Raja Salomo dari Israel (Kekayaan tertinggi: $2,2 triliun)