17 Cara menghilangkan tahi lalat secara alami dan aman

      1 Comment on 17 Cara menghilangkan tahi lalat secara alami dan aman

Menurut Dr. Devika dari Alodokter, tahi lalat adalah bintik berwarna coklat atau kehitaman pada kulit. Bintik ini terbentuk karena penumpukan pigmen melanosit dan umumnya tidak berbahaya.

 Tahi lalat sering disebut beauty mark, pasalnya bintik gelap di kulit ini sering dianggap bisa menambah daya tarik wajah. Tetapi tak jarang tahi lalat justru membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilannya. Lantas banyak yang ingin tahu cara menghilangkan tahi lalat untuk mengatasi problem kecantikan tersebut.

Adakah cara menghilangkan tahi lalat secara alami dan efektif? Rupanya ada banyak tips yang bisa dicoba. Berikut ini beberapa di antaranya.

Cara menghilangkan tahi lalat mati di bibir dan pipi

Tahi lalat mati adalah istilah yang digunakan untuk menyebut bintik hitam atau kecoklatan yang tidak berubah ukuran selama bertahun-tahun. Tak jarang pemilik tahi lalat yang ingin menghilangkan tanda lahir tersebut. Bagaimana cara menghilangkan tahi lalat seperti ini?

Jika ada tahi lalat menonjol yang ingin dihilangkan, normalnya kita akan disarankan untuk mengunjungi ahli dermatologi atau dokter kulit. Mereka akan menawarkan satu dari beberapa prosedur di bawah ini:

  1. Penyemprotan cairan nitrogen. Digunakan untuk membekukan tahi lalat.
  2. Cauter. Pembakaran jaringan tahi lalat secara medis
  3. Bedah cukur. Digunakan untuk membuang tahi lalat berukuran kecil.
  4. Bedah eksisi. Prosedur yang satu ini khusus untuk tahi lalat yang lebih besar.

Cara menghilangkan tahi lalat di atas memang relatif lebih mahal, namun paling rendah risikonya bagi pasien.

Cara menghilangkan tahi lalat dengan madu

Ilustrasi madu The Sleuth Journal

Madu dipercaya sebagai bahan alami terbaik untuk mencerahkan kulit dan mengatasi masalah kulit. Juga dipercaya dapat menghilangkan tahi lalat.

Silakan cara menghilangkan tahi lalat dengan madu yang bisa dicoba dari Leaf berikut.

Aplikasikan madu organik murni pada tahi lalat. Setelah itu tutup dengan plester. Ulangi langkah ini setiap pagi dan malam selama 6 minggu sampai tahi lalat memudar.

Cara menghilangkan tahi lalat dengan bawang

Ilustrasi bawang putih Pixabay

Selain madu, bawang putih juga diyakini bisa mengeringkan tahi lalat dan memudarkannya. Cukup tempelkan cairan bawang putih segar pada tahi lalat setiap hari.

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami dan permanen

Selain madu dan bawang putih, ada beberapa cara menghilangkan tahi lalat dengan bahan alami lainnya yang bisa dicoba.

  1. Cuka apel. Teteskan cuka apel pada kapas, kemudian tempelkan pada tahi lalat. Tutup dengan perban bersih selama 1 jam. Praktikkan cara menghilangkan tahi lalat ini setiap hari sampai bekasnya memudar.
  2. Iodium. Teteskan cairan iodium pada tahi lalat untuk mematikannya dari dalam.
  3. Baking soda dan minyak jarak (castor oil). Oleskan campuran baking soda dan castor oil pada tahi lalat, kemudian diamkan semalaman. Ulangi langkah ini setiap hari sampai tahi lalat memudar. Hentikan pemakaian jika terjadi iritasi.
  4. Kulit pisang. Kulit pisang mengandung enzim pencerah alami yang bisa membantu memudarkan tahi lalat. Tempelkan bagian dalam kulit pisang pada tahi lalat selama sejam. Lakukan setiap hari sampai tahi lalat benar-benar hilang.
  5. Tea tree oil. Oleskan tea tree oil pada tahi lalat 2 kali sehari. Boleh juga dioleskan setiap malam sebelum tidur.

Beberapa bahan yang digunakan dalam cara menghilangkan tahi lalat di atas bisa menimbulkan iritasi pada beberapa orang, antara lain tea tree oil, baking soda, dan cuka apel. Pilih dengan bijak agar Anda terhindar dari risiko serupa.

Cara menghilangkan tahi lalat dengan lidah buaya

Ilustrasi lidah buaya Familinia

Lidah buaya dengan sifat mencerahkan dan mereparasi kulit yang dimilikinya juga diyakini bisa memudarkan tampilan tahi lalat. Bagaimana cara menghilangkan tahi lalat dengan bahan ini?

Cara menghilangkan tahi lalat dengan aloe vera atau lidah buaya adalah dengan mengoleskannya pada kulit, kemudian balut dengan perban bersih selama 3 jam.

Cara menghilangkan tahi lalat akibat kosmetik

Tahi lalat yang muncul akibat penggunaan kosmetik sebenarnya adalah flek. Bintik seperti ini justru lebih mudah lagi dihilangkan, atau setidaknya disamarkan.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan tahi lalat karena penggunaan kosmetik, dilansir Vogue.

  1. Tabir surya. Menurut ahli dermatologi Alan J. Parks, M.D., tabir surya dengan kandungan zinc oxide atau titanium dioxide akan membantu mencegah tahi lalat semakin gelap dan menyamarkannya secara perlahan.
  2. Vitamin C. Vitamin C yang diaplikasikan secara topikal juga bisa membantu memudarkan tahi lalat karena penggunaan kosmetik berkat enzim yang mampu mencegah pembentukan melanin di dalamnya.
  3. Peeling kimiawi. Krim atau gel peeling yang mengandung trichloroacetic acid (TCA) atau glycolic acid akan mengelupas kulit mati dan merangsang pembentukan sel kulit baru. Efektif untuk memudarkan tahi lalat akibat penggunaan kosmetik.
  4. Retin A. Gunakan krim malam yang mengandung Retin A untuk memudarkan tampilan tahi lalat akibat penggunaan kosmetik.
  5. Serum pencerah. Bahan aktif dalam serum akan memudarkan tahi lalat berupa flek, bekas luka, dan jerawat secara efektif.

Demikian cara-cara menghilangkan tahi lalat yang bisa dipertimbangkan untuk dicoba. Sebelumnya kenali kondisi kulit Anda dan pastikan cara-cara yang disarankan di atas tidak akan berdampak negatif pada kulit.