Sukabumi – Kulit Ai Fatimah (41) warga Kota Sukabumi, Jawa Barat ini tiba-tiba melepuh dan menghitam. Keluarga menduga Ai keracunan obat.

Kondisi paling parah dialami Ai mulai dari bagian wajah, kaki, punggung dan tangan. Keluarga kemudian membawa Ai ke RSUD R Syamsudin SH untuk perawatan lebih lanjut.

Keluarga mengaku beberapa hari sebelum kejadian, Ai sempat dibawa berobat ke Puskesmas Pembantu di wilayahnya. Saat itu Ai didiagnosa menderita tipes, petugas media Puskesmas kemudian memberikan obat.

Sepulang dari Puskesmas, Ai kemudian mengkonsumsi obat yang diberikan. Keanehan mulai terjadi kulit Ai tiba-tiba memerah kemudian menghitam dan seperti terkelupas.

“Berobat Senin (3/7), pada Kamis (6/7) setelah meminum obat kulit ibu tiba-tiba memerah lalu semakin lama menghitam dan mengelupas. Kita sempat periksain lagi ke Puskesmas katanya iritasi karena digaruk sementara yang di wajah katanya alergi,” tutur Vera Anjani (20) putri Ai kepada sejumlah wartawan, Senin (10/6) sore.

Korban kemudian dirujuk ke RSUD R Syamsudin SH, oleh tim medis rumah sakit korban dimasukan kedalam ruang ICU untuk pemeriksaan lebih lanjut. “Kalau kata dokter rumah sakit ibu saya kena alergi, semoga ibu saya bisa pulih, sehat dan bisa kembali berkumpul kerumah,” lanjutnya.

Diwawancarai terpisah, Kepala Tim Informasi dan Penanganan Keluhan, Dr Wahyu H menyebut hasil diagnosa yang dilakukan tim medis, Ai diduga terserang sindrom Stevens-Johnson. Sindrom ini dipicu akibat alergi terhadap makanan maupun obat-obatan.

“Untuk Ibu Ai kesimpulan pemicu sindrom Stevens-Johnson itu belum diketahui secara pasti, apakah karena obat atau makanan. Kita masih konsulkan ke dokter spesialis kulit dan kelamin dan dokter bedah plastik, hasil advis mereka pasien kita rawat di ICU,” kata Dr Wahyu.

Dijelaskan Wahyu kondisi sindrom Stevens-Johnson untuk pasien masih dalam pemeriksaan, karena keterangan yang ia peroleh pasien juga memiliki alergi terhadap makanan. “Diagnosis memang sindrom Steven-Johnson, untuk pastinya (penyebab) harus melalui serangkaian pemeriksaan, termasuk riwayat kemungkinanpenggunaanobatnya banyak dan beliau juga katanya alergi makanan,” tutupnya seraya menjelaskan kondisi Ai yang masih stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *