27 Teknologi Mutakhir yang Diciptakan Anak Indonesia

 

Gimana nih, kabar Mas Bro dan Mbak Bro? Semoga sehat dan senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sekarang ini kita hidup di zaman dimana teknologi berkembang pesat. Pesat bangetkarna  setiap detiknya orang pasti mengembangkan suatu penemuan. Begitu pesatnya sampe kadang kita ga bisa mengikuti perkembangan terbarunya. Tau-tau ada aja berita teknologi terbaru Indonesia yang menjadi perbincangan.

Terus apa kabar dong, sama berita teknologi Indonesia kita sendiri? Apakah ada teknologi yang berhasil diciptakan oleh anak-anak berbakat Indonesia? Gimana dengan teknologi militer Indonesia terbaru yang udah diproduksi?

Jawabannya?

Yuk Gabung ke Kartu66 Agen Poker Online Terpercaya Di Indonesia. Rasakan Kartu Cantik Nya Dan Nikmati Layanan Customer Service Kami 24 Jam Nonstop Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Melalui Live Chat Link Kami
Link : promosiweb.net | hokiceme.com

Tentu aja ada, dong!

Nah, pas banget nih sama topik kita yang menyangkut teknologi. Kitangebahas berita teknologi Indonesia yang diciptakan anak-anak bangsa. Teknologi-teknologi ini murni loh, hasil karya putra-putri berbakat Indonesia.

Langsung aja, ini dia berita teknologi Indonesia yang berhasil dirangkum!

1. Panzer Anoa

Berita teknologi terbaru Indonesia adalah yang bernama Panzer Anoa Indonesia. Panzer ini sendiri nih, adalah kendaraan pengangkut yang berlapis baja. Panzer Anoa Indonesia ini diciptakan dan diproduksi oleh PT. Pindad. Tepatnya nih, panzer ini dibuat pada tahun 2006 silam.

Terus apa sih, manfaat dan kehebatan dari Panzer Anoa ini?

Kenapa panzer ini begitu menghebohkan berita teknologi terbaru Indonesia, ya?

Dilihat dari namanya ajaudah jelas panzer ini kendaraan militer. Tujuannya dibuat emang murni untuk pertahanan dan keamanan negara Indonesia. Ini karna adanya fitur baja anti peluru yang kuat banget.

Panzer Anoa Indonesia ini sendiri menarik perhatian beberapa negara luar. Negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam adalah contohnya. Mereka pengen banget memiliki Panzer Anoa Indonsia ini, loh! Begitu pula dengan negara-negara lain seperti Oman, Bangladesh, dan Nepal.

2. Robot Tempur TNI

Teknologi militer Indonesia terbaru yaitu robot yang disebut tempur TNI. Robot tempur ini dibuat oleh Lemjitek TNI AD, Karangploso, Malang. Lemjitek ini sendiri nih adalah kepanjangan dari Lembaga Pengkajian Teknologi. Robot tempur TNI Angkatan Darat ini dibuat pada tahun 2009.

Sama seperti panzer anoa, robot ini juga dibuat untuk militer. Tujuannya yaitu untuk mempertahankan dan mengamankan negara Indonesia tercinta kita. Robot tempur ini digerakkan dengan tenaga listrik dari 2 baterai. Robot tempur ini juga mampu loh, mengangkat beban 150 kg.

Hebat, kan, teknologi militer Indonesia terbaru kita?

3. Laptop Axioo

Ini salah satu yang bikin heboh berita kemajuan teknologi Indonesia!

Sekarang ini, bekerja ga pake laptop rasanya ada yang kurang. Hampir seluruh pekerjaan kita digantungkan pada teknologi berupa laptop ini. Banyak laptop yang berhasil menarik hati dan minat orang Indonesia. Salah satu laptop yang berhasil menarik minat adalah laptop Axioo.

Tahu ga sihkalo laptop Axioo dibuat oleh orang Indonesia?

Hah? Yang benerMasasih?

Axioo ini nih, dirancang oleh Samuel Lawrence dan Singgih Salim. Keduanya merancang, membangun, dan memasarkan Axioo sampe seperti sekarang ini. Axioo pun udah berhasil berdiri sejajar dengan produk luar negeri. Axioo juga udah berhasil mengadopsi prosesor IntelCore generasi kedua, loh!

Keren banget! Ini artinya kemajuan teknologi Indonesia tumbuh pesat hingga merambah mancanegara!

4. PC Tablet Wakamini & Wakatobi Mini

Masih dari soal kemajuan teknologi Indonesia, nih! Info teknologi Indonesia berhasil merangkum salah satu Indonesia teknologi terbaru!

Disamping Axioo, ada lagi produk lokal yang menembus pasar dunia. Produk ini diberi nama PC Tablet Wakamini. PC Tablet Wakamini ini dibuat oleh perusahaan yang bernama Zyrex. Zyrex sendiri emangmengkhususkan diri membuat dan merancang produk portabel.

Sejauh ini, ada 2 produk andalan Zyrex yang udah diluncurkan. Kedua produk tersebut adalah PC Tablet Wakamini. Ada juga Wakatobi Mini 963. Kedua produk ini diklaim Zyrex menggunakan teknologi yang 100% Indonesia.

Dengan adanya kedua produk unggulan ini, Zyrex memiliki harapan besar. Bahwa masyarakat Indonesia akan lebih seneng menggunakan produk buatan lokal. Terutama untuk urusan pekerjaan yang ga bisa dipisahin dari PC.

Wah, keren banget ya, Indonesia teknologi yang satu ini! Dan, kita kudubangga dengan pencapaian anak-anak bangsa yang cerdas.

5. Alat Pembasmi Kanker Otak

Indonesia teknologi ga hanya berputar di sektor komunikasi dan militer aja. Kali ini, info teknologi Indonesia datang dari sektor kesehatan, loh!

Kanker otak adalah salah satu penyakit mematikan dan berbahaya banget. Seringkali terjadi peristiwa dimana kanker otak akan menyerang secara diam-diam. Inget ga, sama salah satu pelawak kondang Indonesia, Epi Kusnandar? Seperti itulah yang dialamin Mas Epi, kanker otak menyerang tiba-tiba.

Berbagai usaha berupa penelitian dikerahin untuk menyembuhkan penyakit kanker otak. Salah satunya dilakukan oleh Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI).  MITI bekerja sama dengan CTech Laboratory dalam meneliti kanker otak. Dan hasil dari penelitiannya melahirkan alat pembasmi kanker otak.

Kalo pernah denger nama Warsito P. Taruno pasti tahu, deh! Ya, beliau adalah salah satu ilmuwan MITI yang ikut berperan. Mas Warsito ini ikut menemukan teknologi terbaru di bidang kesehatan.

Alat ini nerapin metode listrik statis yang udah berhasil diujikan. Alat ini berhasil diujikan pada pasien penderita kanker otak kecil. Setelah rutin menggunakan alat ini selama 2 bulan, pasien sembuh. Besar harapan para peneliti bahwa kanker otak bisa disembuhin.

Semoga aja dengan adanya teknologi terbaru ini. Para penderita kanker bisa ditangani dan sembuh lebih cepat, ya!

6. Robot Penjelajah Bawah Air

Ya, salah satu teknologi terbaru lagi, nih!

Penasaran ga sih, sama pemandangan di dasar laut yang luas? Bagi yang bisa menyelam, tentunya akan bisa melihat pemandangan ini. Terus gimana dong, sama yang ga tahu berenang ato menyelam? Pastinya akan susah untuk bisa menikmati hamparan pemandangan dasar laut.

Jangan khawatir, Mas Bro dan Mbak Bro!

Kini ada teknologi terbaru yang disebut robot penjelajah bawah air. Robot ini diciptain oleh tim peneliti dari Institut Pertanian Bogor. Robot ini emang dibuat untuk membantu proses pengamatan dasar laut. Juga dibuat untuk ngedapetin gambaran dasar laut selama 24 jam.

7. KRI Krait 827

Udah ga diragukan lagi kalo Indonesia adalah sebuah negara maritim. Dikaruniai wilayah perairan yang cukup luas memiliki keuntungan sendiri, tentunya. Wilayah perairan Indonesia yang luas tentunya membutuhkan perlindungan yang kuat. Karnanya, Indonesia punya banyak kapal perang yang berjaga di lautan.

Selama ini nih, kapal perang Indonesia kebanyakan dari luar negeri. Di antaranya berasal dari Amerika Serikat, Belanda, dan juga Jerman. Tapi, sekarang Indonesia juga udah bisa memproduksi kapal perang sendiri! Ini juga salah satu teknologi militer Indonesia terbaru, loh!

Kenalin, ada KRI ato Kapal Perang Republik Indonesia Krait 827.

Kapal ini adalah hasil kerjasama TNI-AL dengan beberapa pihak terkait. Pihak-pihak tersebut adalah Fasharkan (Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan) Mentigi. Ga ketinggalan juga PT. Batan Expressindo Shipyard ato disingkat BES.

8. Mobil ESEMKA

Mobil ini sempat bikin heboh dunia info teknologi Indonesia!

Ini dia karya anak bangsa yang sempat jadi perbincangan heboh! Sesuai namanya, mobil ini adalah hasil rancangan anak-anak SMK. Tepatnya dibuat di SMK 1 Singosari, Malang, provinsi Jawa Timur. Udah ada 5 varian yang berhasil diluncurkan oleh mobil ESEMKA.

Varian-varian tersebut adalah SUV, kabin ganda dengan bak yang terbuka. Ada juga sedan, kabin tunggal bak terbuka, dan juga van. Soal harga, mobil karya anak-anak muda ini dibanderol cukup murah. Per unitnya dibanderol dengan Rp. 80 juta.

9. Senjata Pindad Indonesia

Selain Panzer Anoa Indonesia, rupanya PT. Pindad meluncurkan karya lain. Karya lain tersebut adalah beragam senjata api yang Senjata Pindad Indonesia. Ga mengherankan emangkarna sejak didirikan tahun 1983. PT. Pindad emang mengkhususkan diri pada pembuatan peralatan perang militer.

Ga cuma itu, senjata-senjata PT. Pindad diminati oleh negara-negara lain. Semua yang berhubungan dengan perawatan dan pengembangan dilakukan anak-anak bangsa.

10. Pesawat Gatot Kaca N-250

Teknologi Indonesia juga merambah dunia penerbangan!

Di segi penerbangan pun, kita ga kalah dari negara-negara lain. Kita juga bisa kok, bikin pesawat terbang di negeri sendiri. Salah satu pesawat asli buatan Indonesia adalah Gatot Kaca N-250. Pesawat N-250 ini diluncurintahun 1995 oleh PT. Dirgantara Indonesia.

Gatot Kaca N-250 adalah pesawat komersil dengan komuter berupa turbocop. Terus maksudnya huruf N pada pesawat ini apa, ya? Huruf N pada pesawat Gatot Kaca merujuk pada kata Nusantara. Desain dan perhitungan produksi pesawat Gatot Kaca dilakukan oleh Nurtanio.

11. Smart Eagle II

Masih ngebahas tentang karya teknologi Indonesia di bidang penerbangan, nih! Satu lagi karya anak bangsa di bidang penerbangan yang keren. Smart Eagle II atau SE II adalah dibuat PT. Aviator. SE II dibuat untuk kepentingan intelijen negara Indonesia.

SE II memakai mesin 2 tak ga berdiameter sebesar 150cc. SE II mampu terbang dengan baik selama 6 jam di udara. Dapat diterbangin di malam hari dengan teknologi Thermal Imaging (TIS).

12. Alat Anti Sadap

Ini dia, salah satu teknologi terbaru Indonesia 2016 yang keren!

November 2016 kemaren merupakan bulan dimana Indonesia perlu bangetberbangga. Itu karna beberapa pemuda-pemudi berbakat berhasil membuat alat anti sadap. Alat anti sadap ini adalah yang paling pertama di Indonesia. Para pembuat alat anti sadap ini datang dari beberapa universitas.

Diantaranya adalah UI, UGM, ITB, Unpad, dan beberapa kampus lainnya. Alat anti sadap ini akan dipasarkan oleh Indoguardika Cipta Kreasi. Yang kerennya lagi nih, alat anti sadap ini dipakai beberapa pihak. Dari militer, intelijen hingga penegak hukum yang ada di Indonesia.

Bener-bener merupakan teknologi terbaru Indonesia 2016 yang kerena banget, ya!

13. Teknologi 4G

Ini dia salah satu teknologi yang sedang jadi primadona, 4G. Teknologi ini bikin kita bisa ngakses internet lebih cepat lagi. 4G ini sendiri nih, merupakan generasi terbaru pendahulunya, teknologi 3G. Tapi, siapa sihyang nemuin teknologi 4G ini dan kapan?

Penemu teknologi ini adalah Khoirul Anwar, pria asal Jawa Timur. Ide ini beliau temukan untuk pertama kalinya di Kediri. Tepatnya nih, beliau menemukan ide ini pada tahun 2005. Idenya adalah mempercepat koneksi dengan menggabungkan 2 FFT secara berdampingan.

Idenya ini sempet diolok-diolok oleh para ilmuwan Jepang dan Australia. Khoirul ga berputus asa dan mengenalkan penemuannya di Amerika Serikat. Di Amerika, idenya disambut baik dan bahkan diberikan hak paten. Setelah diberi hak paten, dunia secara resmi menyebutnya dengan 4G.

4G juga menjadi teknologi terbaru Indonesia 2016 yang menyedot perhatian.

14. Pemindai 4 Dimensi ECVT

Pernah denger teknologi pemindai 4 dimensi ECVT, ga? Teknologi pemindai ini asli merupakan buatan tangan putra-putri asal Indonesia. Teknologi ini ditemuin untuk pertama kalinya pada tahun 2006 silam.Nama penemu teknologi pemindai ini adalah Dr. Warsito Purwo Taruno.

Ya, orang yang sama yang menemukan alat penyembuh kanker otak. Tapi,apa sih, yang dimaksud pemindai 4 dimensi ECVT itu?

Pemindai ECVT ini nih, teknologi yang memake sensor listrik statis. Dapat memindai gambar 4 dimensi menggunakan gas dan juga partikel. Cocok banget untuk digunakan kalo kita berada dalam ruangan tertutup.

15. Kontainer Nuklir

Kontainer nuklir? Apaan, tuh?

Kontainer nuklir ini ditemukan oleh Yudi Utomo Imardjoko. Yudi adalah Ketua Jurusan Teknik Nuklir Universitas Gajah Mada. Dia juga seorang peneliti yang memfokuskan diri pada penelitian nuklir. Salah satu penelitiannya menghasilkan kontainer nuklir ini, nih!

Kontainer nuklir ini punya bentuk silinder yang terbuat dari titanium. Diameternya 1,6 meter dengan panjang hampir nyampe 4 meter. Kontainer ini dipake untuk menampung limbah radioaktif nuklir. Terutama sekali limbah yang asalnya dari uraian uranium dan plutonium.

16. Konstruksi Beton Penyangga Jalan Layang

Kita pasti udah akrab banget sama yang namanya jalan layang. Jalan layang dibangun untuk mempermudah akses jalan. Dibangun juga sebagai alternatif untuk mengatasi kemacetan yang menyulitkan lalu-lintas. Jalan layang sendiri ga akan berdiri kokoh tanpa ada penyangganya.

Terus siapa sih, penemu penyangga jalan layang?

Adalah Tjokorda Raka Sukawati, seorang insinyur asal Ubud, Bali. Pria inilah yang berhasil nemuin konstruksi beton penyangga jalan layang. Konstruksi beton ini dibuat tanpa mengganggu arus lalu lintas, loh! Konstruksi beton miliknya bahkan udah diekspor ke beberapa negara tetangga.

17. Pondasi Cakar Ayam

Penemuan yang satu ini emang terbilang udah cukup lama ditemukan. Tapi, pondasi cakar ayam ini tetap membanggakan buat masyarakat Indonesia. Pondasi cakar ayam ini pertama kali ditemuin pada tahun 1961. Penemunya adalah Prof. Dr. Ir. Sedijatmo.

Apa sih, kegunaan dari pondasi cakar ayam ini?

Pada mulanya, Prof. Sedijatmo diminta untuk membuat menara milik PLN. Menara bertegangan tinggi ini dibangun diatas rawa-rawa di kawasan Ancol. Karna ga ingin menambah tekanan pada rawa-rawa, dibuatnyalah pondasi ini. Saat diterapkan, pondasi ini rupanya menekan 75% kemungkinan rawa-rawa tertekan.

Pondasi cakar ayam ini tentu aja udah dipatenkan. Dan, udah diterapkan di 9 negara yang berbeda. Negara tersebut antara lain Jerman, Perancis, Italia, Belgia, dan Kanada.

18. Ketela Pemadam Api

Ketela digunain sebagai pemadam api? Serius, nih?

Emang sih, karya anak bangsa yang satu ini cukup mengherankan. Karena emang menggunakan kulit dari ketela pohon untuk memadamkan api. Adalah Randall Hartolaksono, pria jenius dibalik penemuan ketela pemadam api. Karya ini adalah hasil eksperimennya sewaktu dia berkuliah.

Randall menemukan kalo cairan pelumas berbahan kulit ketela. Dapat memadamkan api yang sedang menyala. Ini terjadi sewaktu dia secara gasengaja menumpahkan cairan pelumas. Ditemuin juga kalo cairan ini juga berguna untuk menyerang api.

Kini, karyanya dipake di penjuru dunia sebagai solusi untuk kebakaran. Karyanya ini sendiri ditemuin pada tahun 1979.

19. Kromatografi Tercepat

Karya ini ditemuin oleh Dr. Rahmiana Zein pada tahun 1998 silam. Teknik kromatografi miliknya adalah salah satu yang tercepat di dunia. Bisa ngediagnosa senyawa kimia hanya dalam waktu 10 menit aja!

Penemuan ini emang mengejutkan banget, Mas Bro dan Mbak Bro. Karnabiasanya, senyawa kimia baru bisa didiagnosa dalam waktu 100-1.000 menit. Itu pun udah termasuk dengan membedah senyawa kimia itu sendiri. Hebat banget, kan?

20. Pesawat Kokpit Dua awak

Teknologi yang satu ini sekilas emang  terdengar biasa-biasa ajagamenarik. Mungkin karna media dari teknologi ini adalah sebuah kompor. Eittapi jangan memandang penemuan ini dengan sebelah mata, loh! Penemuan ini adalah kompor biomassa, kompor yang hemat bahan bakar.

Penemu dari kompor biomassa ini adalah Muhammad Nurhuda, seorang dosen. Ya, beliau adalah dosen di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. Kompor ini dirancang dengan teknologi biomassa yang menghemat bahan bakar. Bahkan, penghematannya melebihi ketetapan yang diberikan oleh Badan Kesehatan Dunia.

Kompor biomassa ini ditemukan Muhammad Nurhuda pada tahun 2008 silam.

22. Pupuk Penyubur Tanah Berbahan Dasar Mikroba

Ini dia, salah satu karya dari bidang pertanian

Mungkin sebagian kita belom pernah denger nama Ali Zhum Massar. Tapi, di dunia pertanian Indonesia, nama Ali udah cukup terkenal. Ali dikenal karna menemukan pupuk dengan bahan basar berupa mikroba.

Hah? Yang benernih?

Mikroba ini dimasukkin ke dalam pupuk yang ditemukan oleh Ali. Pupuk tersebut, olehnya, diberi nama pupuk P2000Z, dibuat tahun 2000. Pupuk ini ternyata berhasil menyuburkan tanah yang digunakan untuk bertani.

23. Chipset Wimax Xirka

Chipset ini kualitasnya lokal tapi udah berprestasi secara global, loh! Chipset Wimax Xirka, itulah namanya. Dikembangin pada tahun 2006 dan diluncurin pada tahun 2009. Chipset ini adalah hasil kerjasama tim peneliti dan juga perusahaan. Perusahaan ini bernama PT. Dama Persada.

Slyvia Sumarlin, Rudi Hari, Trio Adiono, dan Eko Fajar Nurprasetyo. Merekalah orang-orang dibalik pembuatan Chipset Wimax Xirka ini. Chipset ini diluncurkan sebagai pendamping Wimax. Yang pastinya akan menambah kecepatan saat kita aktif di internet.

24. Roket RX-420

Satu lagi nih, teknologi oke dari militer negara Indonesia kita. Ada roket RX-420, yang bentuknya mirip banget dengan bentuk rudal. Roket ini dibuat oleh LAPAN yang bekerja sama dengan Pindad.

Roket ini sih, baru dikemukakan idenya pada tahun 2005 silam. Sampe saat ini, pembuatan roket ini masih menjadi bahan pertimbangan. Tapi, kalo roket ini pada akhirnya akan dibuat. Udah pasti keamanan negara bakal lebih terjamin lagi.

25. Kapal Selam Tenaga Listrik

Ini adalah salah satu rencana yang akan dilaksanakan 2017 ini. Idenya adalah kapal selam yang menggunakan tenaga atau energi listrik. PT PAL akan menggandeng Daewoo Shipbuilding Marine Engineering asal Korea. Kapal selam ini juga akan dirancang dengan skala kebisingan rendah.

Kapal selam ini juga mampu bertahan di bawah air. Ga tanggung-tanggung, kapal selam ini bertahan selama 3 jam! Pastinya bakal keren banget dong, ya!

26. Kapal Ikan Bersirip

Kapal ikan bersirip adalah karya pemuda Indonesia lainnya. Kapal ini ditemukan dan dirancang oleh Alex Masengi Kawilarang. Kapal ikan bersirip ini ditemuin olehnya pada tahun 1989. Kapal ikan bersirip ini diklaim tahan goyah saat berada dilautan. Ga cuma itu, kapal juga akan lebih cepat tegak kembali.

Kapal ikan bersirip ini bahkan udah melalui proses uji coba. Uji coba dilakuin di beberapa perairan nasional dan juga internasional. Diantaranya adalah Laut Cina Timur, Teluk Manado, dan Teluk Omura.

27. iBuild, Aplikasi Manajemen Konstruksi

Teknologi Indonesia yang terakhir adalah aplikasi ponsel pintar bernama iBuild. iBuild ini adalah aplikasi untuk mempermudah manajemen konstruksi kita. Aplikasi ini dibuat oleh Yuyu Y.Kasim dan Akhmad Aminullah. Aplikasi ini udah dirilis pada tanggal 11 Februari 2015 silam.

Aplikasi ini punya 3 fitur utama yang akan membantu kontraktor. Udahdisesuaikan pula dengan pola yang biasa digunakan kontraktor Indonesia. Bisa banget digunakan untuk developer dan juga akademisi.

Nah, itulah ke-27 karya hebat buatan anak-anak bangsa Indonesia. Keren-keren dan canggih banget, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *