3 Daerah dengan Prevalensi Kanker Tertinggi di Indonesia

      Comments Off on 3 Daerah dengan Prevalensi Kanker Tertinggi di Indonesia

Data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan prevalensi kanker tertinggi berada di provinsi DI Yogyakarta yakni 4,86 per 1.000 penduduk, diikuti Sumatera Barat 2,47 79 per 1.000 penduduk dan Gorontalo 2,44 per 1.000 penduduk.

“Memang ada daerah yang angka kejadiannya tinggi. Tapi ini jangan selalu dikatakan bahwa orang-orang disana sakit kankernya tinggi karena ini adalah data di fasilitas kesehatan,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Anung Sugihantono, saat dijumpai di Kantor Kementerian Kesehatan, Kamis (31/1/2019).

Meski prevalensi kanker meningkat, namun hal ini diimbangi dengan efisiensi fasilitas kesehatan seperti JKN-BPJS. Adanya fasilitas jaminan kesehatan membuat masyarakat semakin berani ke rumah sakit.

Sembari berkelakar, Anung mengibaratkan ketiga daerah tersebut punya makanan yang enak-enak. Tetapi bukan berarti makanan enak bisa menyebabkan kanker, tetapi diet atau pola makan yang tidak seimbang.

“Namun, kalau kita melihat dari latar belakang daerah, itu tempat-tempat yang makanannya enak. Kalau di Padang mau cari sayur susah. Nah barangkali itu menjadi salah satu faktor kalau dibandingkan dengan hal-hal lain,” tambahnya

“Jogja memang harapan hidupnya tinggi, tapi prevalensi perokok juga paling tinggi. Mungkin semuanya ini menjadi satu faktor,” pungkasnya.