3 Momen Menyeramkan Ketika Ular Piton Memuntahkan Mangsanya

      Comments Off on 3 Momen Menyeramkan Ketika Ular Piton Memuntahkan Mangsanya

Piton adalah jenis ular yang dapat tumbuh hingga memiliki panjang lebih dari lima meter dan mampu menelan mangsa yang punya ukuran tubuh lebih besar.

Cara ular piton melumpuhkan mangsanya adalah dengan melilit tubuh korban hingga remuk tak berdaya. Apabila mangsa sudah lemas dan tak bisa berbuat apa-apa, maka barulah piton memakan tubuh korban.

Tak hanya hewan, manusia bahkan bisa dimangsa oleh ular piton. Sejumlah insiden ular piton memakan manusia pun pernah terjadi di Indonesia.

Namun, ada sejumlah peristiwa di mana ular piton merasa tersiksa saat memangsa korban yang punya tubuh besar. Seperti dikutip dari berbagai sumber, Jumat (5/10/2018), berikut 3 kisah menyeramkan saat ular piton memuntahkan mangsanya:

1. Piton Muntahkan Rusa

Aneh tapi nyata, seekor ular memangsa korban yang ukurannya jauh lebih besar. Piton Burma nekat menyerang dan menelan rusa ekor putih utuh.

Piton lapar seberat 14 kg itu menelan rusa berekor putih seberat 15,8 kg itu adalah pemandangan yang mengejutkan, bahkan di Florida, di mana ular piton adalah spesies invasif.

“Pihak berwenang menemukan ular betina 11 kaki atau sepanjang 3,3 meter di Collier-Seminole State Park di Naples, dengan tonjolan di perut berisi makanan berukuran besar saat ditemukan pada April 2015,” kata pihak Conservancy of Southwest Florida dalam sebuah postingan blog pada Kamis 1 Maret 2018 seperti dikutip dari Fox News.

Petugas konservasi yang menemukan piton itu kemudian menangkap dan memindahkannya. Ular itu terlihat dengan susah payah memuntahkan rusa mati santapannya itu di rerumputan.

Tak lama kemudian, reptil tersebut disuntik mati. Lalu ahli biologi satwa liar melakukan autopsi pada ular tersebut dan mengumpulkan sampel genetik.

2. Piton Muntahkan Kadal

Pada November tahun lalu, seekor ular piton dengan panjang 4,2 meter ditemukan oleh warga di belakang rumah seorang wanita asal Thailand. Penemuan ular piton tersebut jadi penangkapan yang tak biasa karena hewan tersebut telah menelan kadal raksasa.

Dilansir dari laman Daily Mail, ular yang diyakini berjenis piton Burma tersebut ditemukan di rumah Uraiwan Seksuk di Mueang Samut, Songkhram, Thailand bagian tengah.

Karena takut, wanita tersebut segera memanggil warga sekitar untuk mengevakuasi ular tersebut. Selain warga, tim penangkap ular pun datang untuk menangkap reptil tersebut.Sebelum melepaskan ular tersebut ke habitat asli, warga yang melihat kejadian dibuat kaget. Pasalnya, ular itu memuntahkan makanan yang ia telan sebelumnya.

Ternyata ada kadal raksasa seberat 33 kilogram di dalam perutnya. Detik-detik ular itu muntah berhasil terekam.

Tim penyelamat mengatakan bahwa kemungkinan ular piton itu memuntahkan kadal karena merasa tertekan atas penangkapan yang ia alami.

3. Piton Muntahkan Kucing

Ular piton dikenal sebagai hewan yang mampu menelan segalanya. Sebelum memangsa lawan, terlebih dahulu ia akan melilitkan tubuhnya ke badan hewan buruan hingga tulang-tulang mangsanya remuk tak berdaya.

Sama halnya dengan apa yang dilakukan oleh seekor ular piton sepanjang lima meter di kota Bangkok, Thailand. Ia berhasil menelan mentah-mentah seekor kucing yang terbilang cukup besar.

Dikutip dari laman Asia One, meski begitu, tampaknya ular piton tersebut tak kuasa menahan sakit pasca-menelan kucing berukuran tersebut.

Dalam sebuh video yang beredar di sosial media, tampak detik-detik menyeramkan sekaligus menjijikkan ketika ular piton tersebut memuntahkan kucing berbobot tiga kilogram yang diketahui bernama BoBo tersebut.