4 Langkah Tetap Sehat Kala Menikmati Hidangan Lebaran

      Comments Off on 4 Langkah Tetap Sehat Kala Menikmati Hidangan Lebaran

SEHAT – Idulfitri tak bisa dipisahkan dari aneka hidangan khas Lebaran. Agar tetap bisa menyantap aneka makanan enak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap sehat.

Pastikan ketika berkunjung ke rumah saudara, teman, ataupun mengadakan open house, lakukan beberapa hal berikut ini untuk tetap sehat dalam konsumsi hidangan khas Lebaran.

1. Konsumsi air putih

“Di hari raya jika tidak terlibat dalam keriaan tentu saja sulit. Karena kan kita berkumpul. Jadi nasihat yang saya berikan yang pertama minum air putih yang banyak,” kata dokter spesialis gizi klinis, Tirta Prawita Sari, saat dihubungi ditulis Jumat (15/6/2018).

Tirta menyarankan minum air putih pada sebelum, saat, dan setelah makan.

2. Batasi minuman manis

Salah satu yang harus dibatasi jika bisa dihindari ketika berkumpul saat Lebaran adalah minuman manis. Menurut Tirta, minuman-minuman manis bisa berdampak pada melonjaknya gula darah dan kolesterol.

“Kalau pengen ya ingat saja, tidak boleh (mengonsumsi gula) lebih dari 40 sampai 50 gram. Atau jangan lebih dari sekitar empat sampai lima sendok makan,” jelas Tirta.

Ingat, Anda juga harus memperhatikan bahwa gula tidak hanya muncul dari minuman manis namun juga kudapan.

Ambil hidangan secukupnya

Anda tidak boleh makan hingga perut terasa ingin meledak. Maka, makanlah dengan porsi kecil. Ingatlah bahwa ketika bersilaturahmi bukan hanya satu rumah saja yang mungkin dikunjungi. gadisliar.com

“Puasa harusnya melatih kita untuk mindful, sadar penuh, seperti saat kita berdoa kan kita sadar penuh (kalau) kita membaca doa itu untuk Tuhan. Ketika kita makan, juga sadar,” tambah Tirta.

4. Konsumsi sayuran

Kerap dilupakan, sayuran jangan dilupaka dikonsumsi saat Lebaran. Kandungan serat dalam sayur bisa menghambat penyerapan lemak berlebih.

“Saran saya cukupkan asupan serat kita. Ini langka saat Lebaran, sulit dilakukan. Karena tidak ada yang bikin sayuran hijau, tidak ada yang bikin salad di meja makan. Kalau ada cap cay itu bagus, itu ambil saja,” tambah Tirta.

Selain itu, penting juga untuk menambahkan lalapan seperti ketimun dalam hidangan saat Lebaran.

“Kalau kita makan lemak banyak tapi ada asupan serat yang cukup dengan itu biasanya penyerapannya akan terganggu,” jelasnya.