Bedah Plastik Pusar Diprediksi Jadi Tren Dunia Kecantikan

      Comments Off on Bedah Plastik Pusar Diprediksi Jadi Tren Dunia Kecantikan

Operasi plastik umumnya dilakukan demi tampilan lebih baik dan menarik, apalagi untuk bagian-bagian tubuh yang sering terekspos termasuk wajah. Ke depan, tren operasi plastik tak hanya digandrungi untuk ‘memoles’ wajah secara permanen tapi juga bagian tubuh yang jarang ‘tampil’ seperti pusar.

Memang benar pusar tak akan terlihat kecuali orang mengenakan cropped top atau pakaian olah raga yang notabene lebih tampak seperti bra. Namun, Darren Smith, dokter bedah plastik di New York berkata pusar adalah fitur kosmetik yang sangat penting pada bagian perut.

“Saya lihat ada peningkatan jumlah pasien yang tertarik pada estetika pusar,” kata Darren dikutip dari Allure, beberapa waktu lalu.

Lalu, untuk apa orang repot-repot mendandani sesuatu yang sebenarnya tak tampak ini? Ada banyak alasan. Melissa Doft, dokter bedah plastik di New York berkata kebanyakan mereka tak menyukai bentuknya. Selain itu, lanjut Melissa, pasien juga tertarik untuk mengembalikan bentuk pusar mereka setelah kehamilan, operasi abdomen atau perut, dan setelah kehilangan sejumlah besar berat badan.

Ada tiga tipe prosedur dalam operasi pusar yakni umbilicoplasty, hernia umbilikalis dan tummy tuck.

Umbilicoplasty merupakan prosedur untuk mengubah ukuran dan bentuk pusar. Darren menjelaskan, pusar yang terlalu besar dapat dibuat lebih kecil dengan mengangkat kelebihan kulit pada pusar dan mengencangkan kulit perut di sekitar pusar. Pada pusar yang agak kecil, prosedur ini lebih sulit dilakukan.

Umbilicoplasty cocok untuk ibu baru. Setelah masa kehamilan, perut menjadikendur dan berpengaruh pada bentuk pusar. Selain itu, operasi ini bisa memperbaiki bentuk pusar pasca ditindik.

“Saya pikir ada peningkatan permintaan operasi pusar untuk mengembalikan bentuk pusar setelah tindik. Jika saya boleh berkata pada orang soal apapun, saya ingin berkata jangan tindik pusar mereka,” ujar Eric Chang, dokter bedah plastik di The Institute for Advanced Reconstruction.

Prosedur ini terbilang minimal. Tak butuh waktu lama untuk masa penyembuhan pasca operasi. Pasien bisa dibanderol mulai US$2.500 (hampir Rp34 juta) hingga US$5ribu (hampir Rp68 juta).

Hernia umbilikalis atau umbilical hernia repair adalah prosedur yang lebih rumit daripada umbilicoplasty. Menurut Darren, prosedur dilakukan dengan kondisi jaringan, biasanya lemak, mendorong lubang kecil pada dinding perut. Hal ini mengakibatkan menonjol keluar dan tampak tak normal.

Prosedur hernia umbilikalis dapat mencegah usus halus mendorong perut anda dan memungkinkan terhindar dari kecacatan,” jelas Melissa.

Pasca prosedur ini, pasien dilarang melakukan apapun yang dapat mengakibatkan tekanan pada perut bagian dalam. Pasien perlu terus berkonsultasi pada dokter selama masa penyembuhan.

Prosedur ketiga yakni tummy tuck. Sebenarnya, prosedur ini tak menyasar langsung pada pusar. Tummy tuck merupakan operasi untuk mengangkat kelebihan kulit atau membantu mengembalikan otot perut. Prosedur ini bisa membentuk kembali pusar pasien. Masa penyembuhannya lumayan lama yakni sekitar enam minggu sebelum pasien benar-benar diizinkan beraktivitas.

Tertarik? Calon pasien perlu menyiapkan dana mulai dari US$10ribu (sekitar Rp135,6 juta) hingga US$150ribu (sekitar Rp20 miliar).