5 Bisnis sukses milik Gibran dan Kaesang

      Comments Off on 5 Bisnis sukses milik Gibran dan Kaesang

Tidak dipungkiri, sosok nomor satu di Indonesia – Joko Widodo dulunya adalah seorang entrepreneur. Sebelum menjadi Presiden RI, Jokowi pernah membuka usaha mebel yang sudah mampu menjual hingga ke luar negeri.

Tak disangka bahwa jiwa entrepreneur tersebut menurun ke anaknya, terutama Gibran dan Kaesang. Keduanya juga memiliki usaha yang bisa dibilang sukses. Kira-kira apa saja usaha yang dilakoni oleh anak presiden ini? Berikut ulasannya.1. Martabak Markobar
Status Jokowi sebagai Presiden NKRI tidak membuat putra sulungnya bermegah diri. Hal ini dibuktikan dengan keinginan Gibran Rakabuming untuk meluncurkan warung martabak yang diberi nama Markobar. Agar bisnis martabak semakin sukses, Gibran bekerja sama dengan seorang pengusaha martabak bernama Arif Setyobudi.

Warung Markobar sudah berdiri sejak tahun 2014 silam dengan berbagai menu yang menggugah selera. Menu yang disajikan Markobar tentu berbeda dengan menu martabak lain. Sebab Markobar menyediakan 8 variasi rasa.

Sampai saat ini, Markobar telah sukses mendirikan 26 cabang di 15 kota besar yang ada di Indonesia. Gibran berharap martabak Markobar tetap jaya hingga beberapa tahun ke depan.

2. Pakaian ‘Sang Javas’
Putra bungsu Presiden Jokowi tampaknya tidak mau kalah dengan kakak sulungnya. Pada saat Markobar memperkenalkan varian rasa baru di Solo, Kaesang (putra bungsu Jokowi) juga memperkenalkan clothing terbaru miliknya yang diberi nama Sang Javas.

Usaha clothing dari putra bungsu Pak Jokowi ternyata laku keras di pasaran. Sampai saat ini, sudah ada 2.000 buah kaos yang berhasil dijual.

Pemilik Sang Javas, Kaesang, mengungkapkan kalau dirinya akan lebih serius menekuni bisnis ini dengan meluncurkan varian kaos dengan motif berbeda dalam beberapa waktu ke depan.

3. Pasta Buntel
Berbeda dengan Markobar yang namanya sudah terkenal hampir seantero Indonesia, nama Pasta Buntel tampaknya belum diketahui banyak orang. Wajar saja, kuliner yang satu ini masih dibuka di Solo saja dan belum memiliki cabang di kota-kota lain.

Pasta Buntel dikelola langsung oleh putra sulung Jokowi bersama tiga orang temannya yang bernama Agnar Juan, Sri Palgunadi, dan Jeffry Lintang. Warung pasta ini menawarkan menu makanan yang berbeda-beda. Harganya juga cukup terjangkau, berkisar Rp 17.000Rp 20.000. Cita rasa makanannya pun sangat khas dengan masakan Jawa.

Semua makanan yang disajikan di Pasta Buntel dibungkus dengan daun pisang. Lalu, dibakar dengan bara api yang kecil. Kalau tinggal atau liburan ke Solo, jangan lupa mampir ke kafe Pasta Buntel, ya.

4. Pisang Nugget
Setelah membahas Gibran dengan bisnis baru yang diberi nama Pasta Buntel, sekarang lanjut ke Kaesang yang baru-baru ini juga membuka bisnis kuliner. Bisnis kuliner ini dinamakan Pisang Nugget.

Sama seperti namanya, olahan pisang dibentuk menyerupai nugget. Kemudian pisang tersebut digoreng dan ditaburi topping yang berbeda-beda.

Topping yang tersedia beranekaragam. Anda bisa menyesuaikan jenis topping sesuai dengan selera. Bisnis Pisang Nugget resmi dibuka pada November 2017 silam.

5. Katering Chilli Pari
Membuka bisnis kuliner sepertinya menjadi passion putra sulung Pak Jokowi. Pada 2010 silam, Gibran mulai memperkenalkan usaha kuliner di bidang katering yang diberi nama Katering Chilli Pari. Usaha katering ini berulang kali mengalami jatuh bangun. Namun, tidak lantas membuat Gibran putus asa.

Sampai sekarang, Chilli Pari sudah sangat dikenal masyarakat. Terlebih masyarakat yang tinggal di Solo. Katering ini pun sering kebanjiran pesanan, khususnya menjelang hari-hari besar.

Anak Presiden saja buka usaha, Anda kapan?
Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari anak Pak Jokowi. Mereka tidak mengandalkan status orang tuanya dalam berkarier. Namun, berusaha sendiri untuk kehidupan pribadinya. Hal ini terlihat dari kelihaian anak Pak Jokowi dalam merintis berbagai usaha, baik yang bergerak di bidang kuliner maupun clothing.

Anda yang terlahir dari keluarga pebisnis atau memiliki passion di bidang usaha, jangan ragu untuk berkecimpung di dunia usaha, ya. Sama seperti yang telah dilakukan anak-anak Pak Jokowi. Anak presiden saja mau berbisnis, Anda kapan?