5 Cara Mempertahankan Hubungan di Usia 20an Biar Nggak Gagal Lagi

Ada banyak cara mempertahankan hubungan yang bisa kamu coba. Tergantung dari bagaimana kamu mencari akar masalahnya dan mencari jalan keluar yang pas dengan masalah tersebut. Hanya saja kadang kegagalan berulang kali dalam menjalin hubungan bisa menimbulkan trauma tersendiri.

Di usia 20an umumnya kita sudah akan berhenti coba-coba dalam menjalin hubungan. Kita ingin hubungan yang benar-benar serius dan bisa membuat kita lebih bahagia. Secara umum, ada lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan hubungan di usia 20an biar nggak putus di tengah jalan. Selengkapnya, yuk kita ikuti detailnya di sini.

1. Berbagi Impian Besar untuk Diwujudkan Bersama
Kamu dan pasangan pastinya punya sejumlah perbedaan. Perbedaan yang ada memang harus dijembatani agar tidak terjadi kesalahpahaman. Salah satu caranya adalah dengan merancang impian besar bersama. Mulailah untuk membicarakan rencana yang ingin dilakukan di masa depan bersama. Buat impian-impian besar yang tentunya realistis untuk dicapai berdua.

2. Saling Memaafkan Keburukan di Masa Lalu
Saat menjalin hubungan, kita harus bisa menerima masa lalu pasangan. Di masa lalu mungkin ada keburukan atau hal-hal yang tak ingin dikenang. Kalau ingin bahagia bersama, semua yang terjadi di masa lalu sebaiknya bisa diterima dan dimaafkan. Jangan sampai karena belum bisa move on dari mantan, hubungan yang dibangun sekarang jadi terhambat.

3. Saling Mengenali Orang-Orang Terdekat Pasangan
Kenali sahabat, kerabat, atau anggota keluarga pasangan dengan baik. Cobalah untuk bisa lebih dekat dengan mereka. Begitu juga dengan pasangan, bantu ia untuk mengenal orang-orang terdekatmu. Karena nantinya bila menikah, yang bersatu bukan cuma dua individu saja tapi juga dua keluarga.

4. Lebih Terbuka Kalau Ada Masalah
Kita bukan anak kecil lagi. Saatnya untuk lebih dewasa dalam menyikapi setiap masalah yang ada. Kalau ada masalah, jangan cuma dipendam. Bicarakan dan terbukalah dengan perasaan masing-masing. Komunikasikan setiap masalah dengan kepala dingin, jangan gampang termakan ego atau emosi sesaat.

5. Fokus pada Kelebihannya, Jangan Menghakimi Kelemahannya
Daripada malah menghakimi atau menyalahkan kelemahan yang dimilikinya, mending fokus pada kelebihan-kelebihan yang dia miliki. Bagaimana pun nggak manusia yang benar-benar sempurna. Setiap orang punya karakter dan berbagai sisi berbeda dalam dirinya. Di sini kita harus lebih realistis untuk bisa lebih memaksimalkan sisi positifnya dan tak perlu memojokkannya karena kelemahan atau kekurangan yang dimilikinya.

Untuk menjaga dan mempertahankan sebuah hubungan memang butuh usaha besar. Semoga hubungan yang kamu jalin di usia 20an ini bisa berakhir indah, ya ladies. Jangan sampai gagal lagi seperti yang sudah-sudah.

 

1 comment on “5 Cara Mempertahankan Hubungan di Usia 20an Biar Nggak Gagal Lagi

  1. Grace

    I was curious if you ever considered changing the layout of your
    site? Its very well written; I love what youve got to say.
    But maybe you could a little more in the way of content
    so people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having
    one or 2 pictures. Maybe you could space it out better?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *