5 Tempat yang membuat Banyuwangi disebut surga kecil tersembunyi

 

Dewaporkas.net – 5 Tempat yang membuat Banyuwangi disebut surga kecil tersembunyi Indonesia memiliki sejuta tempat wisata paling indah. Dari mulai paling yang terkenal seantero dunia, seperti sebut saja Raja Ampat, Labuan Baji, atau Gili Trawangan, hingga yang berlabel surga tersembunyi. Salah satunya terdapat diBanyuwangi, Jawa Timur.

Besarnya potensi wisata di Banyuwangi membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi gencar promosi wisata di sana. Bahkan caranya tak main-main, semua digunakan dengan teknologi, lewat aplikasi Banyuwangi In Your Hand.

Tak heran, bila Kementerian Pariwisata kerap memasukkan wisata Banyuwangi sebagai promo wisata ke negara-negara luar. Sebab, wisata di kota berjuluk Bumi Blambangan itu memang jempolan.

Di sana daerah paling timur di Jawa itu terdapat beberapa tempat destinasi-destinasi yang sayang untuk tak dikunjungi. Berikut 5 tempat yang membuat Banyuwangi disebut surga kecil tersembunyi:

Teluk Hijau “Green Bay”

Di sini pengunjung bakal merasakan udara segar pantai bercampur udara hutan hutan tropis Taman Nasional Meru Betiri. Teluk ini adalah tempat wisata di Banyuwangi yang masih sangat terjaga kemurniannya, belum banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. Inilah daya tarik yang bisa ditemukan di sana.

Untuk menuju ke sana, dari Kota Banyuwangi, durasi perjalanan sekitar 3-4 jam. Perjalanan ke Teluk Hijau terbilang cukup memerlukan tenaga fisik, namun jaminannya adalah suguhan panorama laut yang memikat.

Pantai Rajegwesi

Pantai yang terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran ini merupakan tempat wisata alam sekaligus sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ada bunker sisa kejayaan bangsa Jepang di masa penjajahan. Pantai Rajegwesi memiliki keunikan yang tak banyak dimiliki pantai-pantai lain. Pasir pantai berwarna kecokelatan dan sangat lembut.

Pantai Watu Dodol

Lokasi pantai ini ditandai dengan bongkahan batu besar di tengah jalan dan patung Gandrung atau penari khas Banyuwangi. Pantai Watu Dodol berada di poros Banyuwangi–Situbondo dan berjarak sekitar 2 km dari Pelabuhan Ketapang. Hal ini membuat pengunjung dapat melihat kapal ferry lalu lalang antara Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Banyuwangi.

Selain itu, bisa juga menyaksikan keindahan tempat wisata dari bukit di dekat pantai. Untuk urusan kuliner, tak perlu khawatir, karena terdapat banyak warung makan di sini

Taman Sritanjung

Sebuah taman kota yang terletak di pusat Kota Banyuwangi yang diberi nama berdasarkan sosok seorang wanita bernama Sritanjung dalam legenda asal usul Banyuwangi.

Taman ini terletak di sebelah timur Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi dan sebelah selatan Sabha Swagata Blambangan. Taman Sritanjung di fungsikan sebagai sarana rekreasi bagi warga Kota Banyuwangi. Tamannya yang hijau dan indah menjadikan tempat ini cocok bagi semua orang untuk berkunjung, terlebih juga disediakan wifi gratis.

Agrowisata Kali Klatak

Berada di lereng gunung dengan ketinggian mencapai 450 meter di atas permukaan laut membuat tanah d sini cukup subur yang cocok untuk bertanam apapun, agrowisata ini pun berkembang dengan baik. Hasil perkebunannya meliputi karet, kopi, cokelat, kelapa, buah-buahan dan beragam rempah. Setiap tanggal 17 April akan diadakan ritual sedekah bumi.

Tempat ini juga memiliki sejarah yang menarik untuk dicari tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *