Comments Off on

Prancis terkenal dengan tempat wisata yang cantik dan romantis. Namun, Prancis juga memiliki beragam kuliner yang patut dicicipi. Oleh karena itu, Institus Prancis di Indonesia (IFI) dan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia bersama dengan Badan Pariwisata Prancis Atout Frances akan menggelar rangkaian festival bercita rasa Prancis dalam Good Frances.

Kegiatan ini akan diselenggarakan serentak pada Rabu (21/3/2018) di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Makassar, Manado, dan Minahasa.

Kegiatan ini merupakan keempat kalinya digelar sejak 2015. Menurut Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste, Jean-Charles Berthonnet, chef berbakat dari berbagai negara akan hadir dalam acara ini dan menyajikan hidangan yang mencerminkan keunikan dan keberagaman cita rasa Prancis.

“Good France menjadi momentum untuk mengapresiasi gastronomi Prancis yang menjadi warisan budaya dunia sekaligus mengapresiasi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, yaitu semangat berbagi dan kebersamaan,” ujar Jean-Charles Berthonnet.

Kuliner Gastronomi Khas Prancis di Good France

Masyarakat Prancis sendiri menganggap bahwa tradisi gastronomi ini merupakan elemen penting yang menjadi warisan budaya dan identitas mereka. Tradisi ini telah lama menjadi praktik sosial yang biasa dilakukan untuk merayakan beberapa momen penting, seperti penikahan dan ulang tahun.

Praktik ini pun dinilai mampu mempererat hubungan antarindividu, baik teman maupun keluarga, karena tradisi ini menekankan aspek berbagi dan kebersamaan. Tak heran, jika kuliner gastronomi Prancis ini masuk ke dalam Intangible Cultural Heritage of Humanity oleh UNESCO pada 2010.

Pada perayaan tahun ini, Good France mengangkat kekayaan kuliner di kawasan barat daya Prancis, yaitu Nouvella-Aquitaine. Kawasan ini merupakan kawasan pertanian terpenting Prancis karena memiliki kekayaan tanah dan penghasil produk kuliner khas Prancis, seperti foie gras, magret de canard du Sud-Ouest, cabai Espelette, mentega Charentes-Poitou, kerang Oleron dan stroberi Perigord

Kuliner Gastronomi Khas Prancis di Good France

Selain itu, kawasan Nouvelle-Aquitaine juga terkenal sebagai penghasil minuman anggur terbesar dunia seperti Saint-Emilion, Chateau Margaux, Medoc, dan Bordelais. Beragam produk khas ini menjadikan Nouvelle-Aquitaine sebagai inspirasi para chef dan restoran partisipan dalam menyajikan menu selama festival berlangsung.

Dengan total 39 restoran partisipan, Good France akan hadir dalam konsep yang variatif, seperti bistro, kontemporer, dan haute gastonomie dengan menu beragam. Di Jakara sendiri, akan ada 15 restoran yang berpartisipasi dalam perayaan cita rasa Prancis Good France 2018. Di antaranya adalah AMUZ Gourmet, Anigre Restaurant, Garçon, Olivier, Restaurant Emilie, Avec Moi Restaurant and Bar, Orient8, Bistro Baron, SEA GRAIN at DoubleTree by Hilton, OKU, Ninety-Nine Restaurant, AMKC Atelier, Frank’s Bar & Smokehouse, Lyon dan Maple & Oak.