6 Hal Penting saat Rayakan Malam Tahun Baru di Jakarta

      Comments Off on 6 Hal Penting saat Rayakan Malam Tahun Baru di Jakarta

Dewaporkas – Sebentar lagi 2018 segera berakhir dan tahun baru 2019 pun dimulai. Seiring tahun berganti, doa serta rasa syukur terucap atas semua berkah yang diterima di tahun ini dan bersiap menyambut harapan baru di 2019.

Dewaporkas – Malam tahun baru juga tak disia-siakan warga Ibu Kota untuk mengajak anggota keluarga menyaksikan detik-detik pergantian tahun yang diwarnai dengan pertunjukkan kembang api di sejumlah titik di Jakarta.

Dewaporkas – Selain pertunjukkan kembang api, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebagai pihak penyelenggara juga akan menggelar panggung hiburan, car free night, bazar dan masih banyak lagi.

Berikut ini enam hal yang perlu diperhatikan saat merayakan malam tahun baru di Jakarta:

1. Kantong Parkir

Bagi Anda warga Ibu Kota yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun bersama keluarga, lokasi parkir perlu diperhatikan.

Rencananya ada sekitar 30 kantong parkir yang akan disiapkan pihak Pemprov DKI untuk warga yang ingin merayakan malam Tahun Baru 2019 di kawasan Jalan Merdeka Barat-Jalan MH Thamrin-Jalan Sudirman-Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

“Ke-30 kantong parkir itu mampu menampung 25.647 kendaraan roda empat dan 14.983 kendaraan roda dua,” jelas Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, 30 Desember kemarin.

2. Lokasi Kantong Parkir

Lantas dimana sajakah kantong-kantong parkir itu disiapkan? Pertama, Anda bisa memarkirkan kendaraan di Menara BCA dan Grand Indonesia.

Jumlah kendaraan yang bisa ditampung di Menara BCA sebanyak 5.092 mobil dan 1.950 motor. Sementara di Grand Indonesia bisa menampung 4.374 mobil dan 1.450 motor.

Lokasi parkir lainnya ada di Gedung Wisma 46, Plaza Indonesia, Wisma Nusantara/Hotel Nikko, Wisma ANTARA, Jakarta Theatre, Gedung Jaya, Gedung Prince Center, Kompleks Gedung Midplaza, Plaza Permata, dan Wisma Nugraha Santana.

Disediakan pula lokasi di Plaza BII, Menara Thamrin, Gedung Artaloka, Gedung BNI 46, Menara BDN, Gedung Menara Multimedia, The City Tower, dan masih banyak lagi.

3. Cek Rekayasa Lalu Lintas

Selain lokasi kantong parkir, tak kalah penting yang patut Anda perhatikan adalah arus lalu lintas di Jakarta. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan rekayasa lalu lintas yang dimulai, Senin (31/12/2018), pukul 17.00 WIB.

“Kita melibatkan petugas dari lalu lintas sebanyak 620 personel, bersinergi dengan para stakeholders lainnya,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto.

Berikut rekayasa arus lalu lintasnya:

1. Arus lalu lintas Jl. Hayam Wuruk yang akan menuju ke Jl Majapahit dibelokkan ke kiri Jalan Juanda

2. Arus lalu dari Jl Veteran raya yang akan menuju Jl veteran III diluruskan ke TL Harmoni

3. Arus lalin dari Jl Katedral menuju Jl Veteran Raya dibelokkan kanan ke Jl DR Soetomo

4. Arus lalin dari Jl Merdeka Timur ke Jl Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jl Perwira

5. Arus lalin dari Ridwan Rais yang akan menuju Merdeka Selatan diluruskan ke Jl Merdeka Timur

6. Arus lalin dari jalan Agus Salim yang akan belok ke kiri ke jalan Kebon Sirih dibelokkan kanan ke jalan Kebon Sirih arah Tugu tani

7. Arus lalin dari jalan Agus Salim yang akan belok kiri ke jalan KH Wahid Hasyim dibelokkan ke kanan ke jalan Wahid Hasyim arah Tugu Tanu

8. Arus lalin dari jalan imam Bonjol yang akan menuju bundaran HI dibelokkan ke kanan ke jalan Agus Salim

9. Arus lalin dari jalan Jendral Sudirman yang akan menuju jalan Kendal diluruskan kembali ke jalan Jendral Sudirman.

4. Daftar Acara Malam Tahun Baru

Sejumlah kegiatan telah disiapkan Pemprov DKI Jakarta bagi warga Ibu Kota yang ingin merayakan malam tahun baru di sejumlah lokasi yang telah ditentukan. Tidak hanya berisi hiburan musik, tausiah, dan bazar, nikah massal pun akan digelar.

“Kegiatan akan berlangsung mulai dari kawasan Dukuh Atas, Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, hingga kawasan Medan Merdeka,” ujar Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, Minggu, 30 Desember, seperti dilansir dari Beritajakarta.

Kegiatan nikah massal akan berlangsung di Lapangan Parkir Thamrin 10. Jumlah peserta nikah massal mencapai 557 pasangan dengan rincian, pernikahan baru 221 pasangan dan Itsbat Nikah 336 pasangan.

“Pada acara itu ada Aa Gym yang akan memberikan nasihat nikah dan tausiyah,” terangnya

5. Doa Bersama

Untuk kegiatan doa bersama, lanjut Premi akan dilangsungkan di panggung utama, yakni kawasan Bundaran HI, tepat pukul 24.00 WIB.

“Termasuk, kita akan mendoakan saudara-saudara kita yang tertimpa musibah tsunami Selat Sunda,” ucapnya.

Premi mengungkapkan, dasar hukum penyelenggaraan acara malam tahun baru adalah Instruksi Gubernur (Ingub) Provinsi DKI Jakarta Nomor 125 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Acara Malam Pergantian Tahun Baru 2019.

6. Panggung Hiburan

Pemprov DKI juga menyiapkan empat panggung hiburan yang dimulai dari Pintu Monas Barat Daya, Bundaran HI, perempatan ujung Jalan Kebon Sirih, dan perempatan ujung Jalan K.H. Wahid Hasyim.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari menyebut selain panggung hiburan, terdapat pertunjukan musik tepi barat dan tepi timur di sepanjang Jalan MH Thamrin.