7 Makanan Baiknya Dikonsumsi saat Haid, Pisang & Cokelat Jangan Lupa

      Comments Off on 7 Makanan Baiknya Dikonsumsi saat Haid, Pisang & Cokelat Jangan Lupa

SEMUA wanita tentu merasakan sakit dan nyeri haid setiap bulannya. Saat haid datang menyapa, kebanyakan orang akan merasakan lelah dan lesu yang mana hal itu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi agar tetap fit selama haid. Sebagaimana melansir dari Shape Jumat (16/3/2018) berikut daftarnya:

1. Yogurt

 Studi yang diterbitkan di Archives of Internal Medicine menyebutkan jika asupan kalsium dan vitamin D meningkat, dapat mengurangi gejala haid. Salah satu makanan yang memiliki sumber kalsium yaitu yogurt.

Adanya bakteri baik pada yogurt membantu meningkatkan sistem pencernaan dan menenangkan masalah perut selama haid.

2. Biji-bijian

Ketika haid tubuh akan terasa lelah dan lesu. Untuk menguranginya Anda dapat mengonsumsi gandum dan beras merah. Biji-bijian utuh merupakan sumber magnesium yang dapat membantu mengurangi nyeri haid.

Selain magnesium, pada gandum juga terdapat serat yang memberikan Anda rasa kenyang lebih lama dan teratur buang air kecil.

3. Pisang

Buah yang satu ini kaya akan potasium dan vitamin B6. Pisang dapat meredakan kembung dan membantu merilekskan otot Anda (termasuk rahim). Selain itu, postasium juga bermanfaat dalam mengatur tekanan darah dan mengirimkan oksigen ke otak.

4. Ikan tuna dan salmon

Ikan tuna dan salmon dapat Anda jadikan alternatif lain yang dimakan ketika haid, karena terdapat kandungan omega 3. Walaupun asam lemak omega 3 tidak baik untuk kesehatan jantung, namun hal ini membantu mengurangi kram dan ketegangan otot selama haid.

5. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang mengandung serat, vitamin B6, vitamin E dan magnesium yang baik untuk tubuh. Semuanya adalah nutrisi yang dapat membantu meredakan nyeri dan melancarkan pencernaan. Selain itu brokoli juga menjadi salah satu sayuran yang memiliki zat besi.

6. Daging merah

Saat haid tingkat zat besi dalam tubuh akan menurun dan hal inilah yang menyebabkan Anda merasa lelah dan lesu. Untuk menguranginya, konsumsilah beberapa steak yang lezat. Namun jika Anda kurang menyukai daging, Anda dapat menggantinya dengan kacang-kacangan dan sayuran hijau seperti kangkung, bayam, serta brokoli.

7. Cokelat

Cokelat kaya akan antioksidan dan magnesium. Ini dapat meredakan kram dan perubahan suasana hati. Selain itu cokelat juga merangsang produksi endorfin atau yang lebih dikenal dengan “hormon bahagia” sehingga membuat Anda merasa lebih ceria dan tenang ketika haid.