Alasan kondom tak boleh digunakan berulang kali

      No Comments on Alasan kondom tak boleh digunakan berulang kali

Dari segi manfaat, kondom berfungsi untuk melindungi diri terhadap penyakit menular seksual. Namun, tahukah anda jika kondom tak boleh digunakan berulang-ulang?

Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) tidak memperbolehkannya. “Kami mengatakan ini karena orang-orang melakukannya. Jangan mencuci atau menggunakan lagi kondom pria. Gunakan yang baru,” kata mereka.

Di sisi lain, konsultan urologi dari rumah sakit Max, Patparganj di India, Dr Shailesh Chandra Sahay sependapat dengan ini. Secara medis penggunaan kondom berkali-kali tidak disarankan, karena tidak mampu mencegah penularan infeksi penyakit seksual.

“Setiap berhubungan perlu kondom baru. Secara medis penggunaan kembali kondom tak disarankan. Sekali kondom digunakan, bahan lateksnya rusak. Ini mungkin tak terlihat mata, namun kondom yang dipakai kembali tak berguna mencegah kehamilan dan infeksi penyakit seksual,” kata dia seperti dilansir dari Indian Express.

Dr. Alyssa Dweck, seorang ahli ginekologi dan obstetri kepada BuzzFeed News juga menyatakan hal serupa.Menurut dia, bahkan mencucinya menggunakan sabun sekalipun, tak ada manfaatnya.

“Anda harus menggunakkan kondom yang sudah melalui pengujian. Jika tidak, Anda tidak bisa mengharapkan benda ini melakukan tugasnya,” tutur dia.

Sebaiknya, periksa masa pakai kondom sebelum menggunakannya dan jangan pernah mencoba menggunakkannya jika masa pakainya sudah lewat.

Selain itu, simpan kondom di lingkungan yang sejuk dan jauh dari benda-benda tajam. Agar tak robek, Anda bisa mendorongnya ke sisi lain pembungkus sebelum membukanya. (Antara/ Lia Wanadriani Santosa)

Membicarakan tentang kondom, tak semua orang cocok untuk menggunakannya. Salah satu diantaranya ialah gatal.Lateks yang menjadi bahan utama pembuat kondom bisa menyebabkan reaksi alergi di kulit seperti gatal, ruam kemerahan, hingga kulit melepuh. Jika tanda itu muncul, lebih baik anda menghentikan penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *