Asian Games dan JakDeals Dongkrak Okupansi Hotel di Jakarta

TRAVEL – Event Asian Games, paket wisata Jakarta Weekend Hot Deals, dan Jakarta Ramadan Hot Deals diyakini akan mendongkrak tingkat hunian kamar hotel berbintang di Indonesia hingga 75 persen pada 2018.

Hal ini setidaknya diungkapkan Tim Pelaksana Visit Wonderful Indonesia 2018, Hariyadi Sukamdani di Grand Sahid Hotel Jakarta beberapa waktu lalu.

Bila tahun 2017 tingkat hunian kamar (occupancy) hotel berbintang di Jakarta rata-rata 63,26 persen atau naik sekitar 5 persen dibandingkan 2016 sebesar 58,29 persen, tahun ini kami proyeksi akan mencapai 75 persen. Kenaikan ini sangat signifikan dan juga akan berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) atau  inbound di Jakarta,” kata Hariyadi.gadisliar.com

Lebih jauh dirinya menjelaskan, tahun 2017 jumlah kedatangan wisman ke Jakarta (inbound) baik melalui Bandara Soekarno-Hatta dan pelabuhan Tanjung Priok sebanyak 2,65 juta atau naik 5,81 persen dibandingkan tahun 2016 sebanyak 2,51 juta wisman. Kondisi ini, menurut Haryadi, harus menjadi perhatian bersama untuk menaikkan kunjungan wisman, paling tidak mengimbangi Bali yang tahun lalu mencapai 5,7 juta wisman.

“Sebagai ibukota negara, Great Jakarta yang berdekatan dengan destinasi Banten dan Jawa Barat layak dikunjungi 5 juta wisman per tahun,” kata Haryadi.

Yuk Gabung ke Kartu66 Agen Poker Online Terpercaya Di Indonesia. Rasakan Kartu Cantik Nya Dan Nikmati Layanan Customer Service Kami 24 Jam Nonstop Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Melalui Live Chat Link Kami
Link : promosiweb.net | hokiceme.com

Ingin Tiket Pesawat Murah? Perhatikan Hal ini!

Dijelaskan Haryadi, paket Jakarta Ramadan Hot Deals (JHSR) bagian dari JakDeals (Jakarta Weekend Hot Deals) ViWI 2018 yang telah diluncurkan pada dua pekan lalu dan diproyeksikan sebanyak 2,5 juta wisman atau sekitar 15 persen dari target nasional akan diperoleh melalui program tersebut.

“Paket JHSR ini bagian dari program JakDeals yang khusus dijual dalam bulan Ramadhan 2018 (1439 H) karena dibulan ini trend pariwisata Jakarta sedang memasuki low seasons ditandai dengan turunnya kedatangan wisman khususnya dari negara ASEAN serta turunnya tingkat hunian kamar hotel berbintang,” jelas Haryadi.

Tahun 2017 tingkat hunian kamar hotel berbintang di Jakarta rata-rata per tahun sebesar 63,26 persen, namun pada Ramadhan hanya 59,88 persen. Begitu pula pada tahun gadisliar.com sebelumnya 2016 rata-rata per tahun 58,29 persen pada Ramadhan hanya 52,79 persen.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Kawasan Pariwisata, Anang Sutono mengatakan, paket JHSR merupakan strategi dengan menerapkan konsep sharing economy yaitu menjual barang atau jasa yang tidak laku atau  excess capacity. “Pada dasarnya semua produk barang dan jasa akan ada masa low seasons sehingga perlu dilakukan bundling atau hot deals agar tetap ada penjualan.

Dengan harga yang sangat murah akan menggugah wisatawan yang semula tidak ada rencana berwisata, dengan adanya Jakarta Ramadhan Hot Deals ini, akhirnya di bulan Ramadhan mereka mau datang ke Jakarta,” kata Anang Sutono.

Kemenpar mengapresiasi peluncuran paket JHSR bagian dari JakDeals ViWI 2018. Program Hot Deals ViWI 2018 yang diinisasi oleh 18 stakeholder pariwisata (tour operator, travel agent, hotel, transportasi, taman hiburan, dll) melalui asosiasi-asosiasi yang langsung maupun tidak langsung terhubung dengan sektor pariwisata Indonesia dalam penguatan unsur 3A (Aksesibilitas, Aktraksi dan Amenitas) telah di luncurkan di Kepulauan Riau (Hot Deals Kepri) kemudian Jakarta (JakDeals), dan minggu depan akan dilanjutkan di Bali (Hot Deals Bali).

Sementara itu untuk  mensukseskan program Hot Deals ViWI 2018 telah disiapkan 250 paket hot deals oleh 18 stakeholder pariwisata termasuk di tiga klaster A (Jakarta, Bali, dan Kepri), klaster B (18 destinasi ViWI), klaster C (destinasi lainnya).

Paket JHSR 2018 yang berlangsung selama tiga minggu selama Ramadan dimulai minggu pertama hingga berakhir seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri 1439 H tersebut terbagi dalam tiga paket yakni 3D/2N JHSR: Relax (hotel bintang 3, 4, dan 5) dengan harga Rp 1 juta-1,4 juta, dan 1,8 juta; paket 3D/2N JHSR: History (hotel bintang 3, 4, dan 5) dengan Rp 1,6 juta-2 juta, dan 2,4 juta; paket 3D/2N JHSR: Culinary (hotel bintang 3, 4, dan 5) dengan harga Rp 1,6 juta-2 juta, dan 2,4 juta; dan paket 3D/2N JHSR: Religy (hotel bintang 3, 4, dan 5) dengan Rp 1,8 juta-2,3 juta, dan 2,6 juta. Program Jakarta Ramadhan Hot Deals ViWI 2018 diikuti 15 tour operator dan 16 hotel bintang tiga, empat, dan lima di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *