Baru seminggu buka, jalan tol panel surya canggih di China sudah dimaling

BERITA PERISTIWA DUNIA – China adalah negara yang untuk pertama kalinya membuat jalan tol dengan panel surya. Sebuah jalan tol di Shandong sepanjang 2 kilometer, ditutupi lebih dari 10.000 panel surya yang bisa diubah jadi energi untuk lampu jalan, menghangatkan salju, ataupun pengisi daya mobil listrik.

Namun baru berapa hari saja buka, lempengan-lempengan panel surya ini dimaling oleh orang tak bertanggung jawab.

Berdasarkan laporan dari Qilu Evening News yang dikutip oleh Techcrunch, Tol yang dibuka tanggal 28 Desember ini sudah raib beberapa lempengannya pada 2 Januari. Petugas menemukan bahwa berbagai lempengan ini dipotong rapi.

Diduga, pencurian ini tidak bermaksud untuk dijual kembali atau mengambil keuntungan uang, namun pencurian ini diduga dilakukan tim profesional untuk meniru teknologi yang diusung. Diduga, hal ini dilakukan agar bisa mendapat teknologi serupa dengan harga lebih murah.

Tak heran, panel surya ini memang canggih. Panel surya ini terjepit di antara sebuah bagian bawah bersifat isolatif yang tahan lama dan dilapisi oleh pengganti aspal bersifat transparan yang sangat kuat. Tebal kesemua lapisan tersebut bahkan kurang dari 3 centimeter. Tentu teknologi ini menggiurkan untuk direplikasi. [

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *