Batasan Minum Kopi dan Teh pada Wanita Hamil

      Comments Off on Batasan Minum Kopi dan Teh pada Wanita Hamil

Wanita hamil dianggap rentan mengonsumsi banyak hal termasuk kopi dan teh. Meski rentan, bukan berarti ibu yang sedang mengandung tak boleh menyeduh minuman populer itu.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Benny Johan Marpaung menjelaskan meminum kopi atau teh bagi wanita hamil diperbolehkan dengan ambang batas tertentu.

“Prinsipnya wanita hamil itu harus kritis, apapun asupan itu adalah dirinya dan bayinya. Kopi dan teh boleh tapi ada batasannya,” kata Benny dalam acara Orami di Jakarta beberapa waktu lalu.

Benny menyebut kopi dalam batas tertentu dapat bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dan meningkat suasana hati ibu hamil. Namun, jika melebihi batas yang dianjurkan kopi justru dapat membahayakan bayi dan janin seperti gangguan kalsium.

Secara medis, Benny menyebut batas kopi untuk perempuan hamil adalah satu sampai dua cangkir perhari.

“Satu sampai dua cangkir per hari, bukan cup ya. Atau maksimal 30 miligram kafein. Kalau mau lebih aman lagi konsumsi kopi decaf, tapi bagi penikmat kopi rasanya akan beda sekali,” ujar Benny.

Takaran itu juga berlaku dalam mengonsumsi teh. Teh juga mengandung kafein walaupun lebih lemah dibanding kopi. Biasanya, wanita yang tengah hamil muda gemar mengonsumsi teh untuk menenangkan perut yang mual.

“Kalau untuk teh bisa dua sampai tiga cangkir per hari. Namun saat hamil muda sebaiknya diganti dengan buah segar, jus, yoghurt, atau infus water untuk menghilangkan rasa mual,” tutur Benny.