BPJS Kesehatan Ajak Pemkab Tanah Datar Uji Coba Sistem Pembayaran Global Budget

      Comments Off on BPJS Kesehatan Ajak Pemkab Tanah Datar Uji Coba Sistem Pembayaran Global Budget

BPJS Kesehatan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat untuk meningkatkan optimalisasi Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kerja sama antara BPJS Kesehatan dan Pemkab Tanah Datar yakni peningkatan jumlah peserta JKN-KIS, kolektibilitas iuran, akses dan mutu pelayanan. Serta yang terbaru melakukan uji coba pengembangan model pembayaran global budget pada rumah sakit.

Global budget adalah salah satu sistem pembayaran rumah sakit berdasarkan pada anggaran atau sejumlah besaran biaya. Nominal besaran biaya merupakan hasil negosiasi dan disepakati oleh kedua belah pihak untuk jangka waktu tertentu. Hingga kini jumlah besaran biaya untuk Kabupaten Tanah Datar masih dalam proses.

“Sedang diproses semuanya,” kata Bupati Kabupaten Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi usai acara penandatangan nota kesepahaman kerja sama di Kantor BPJS Kesehatan Pusat Jakarta pada Selasa (30/10/2018).

Menurut Direktur Kepatuhan, Hukum, dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Bayu Wahyudi model pembayaran global budget dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan jika dilaksanakan dengan tepat. Bisa juga menguntungkan kas daerah.

“Bila dana yang diberikan kelebihan maka akan menjadi insentif di pemda tersebut. Namun, bila kekurangan (biaya pembayaran) diupayakan oleh pemda itu sendiri,” kata Bayu Wahyudi usai acara penandatanganan nota kesepahaman (30/10/2018).

Bila ada kekurangan biaya pembayaran dan di daerah dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) rendah, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya di daerah tersebut tidak memiliki sumber daya alam yang menghasilkan, tapi memiliki sumber daya manusia yang kreatif, hal itu bisa meningkatkan ekonomi kreatif di daerah itu.

“Kalau di Tanah Datar itu dari pariwisata ada potensi yang hebat, ada Istana Pagaruyung, Pacu Jawi di sawah, Lembah Anai yang indah, itu bisa jadi potensi. Inovasi itu bisa meningkatkan eko kreatif di sana,” papar Bayu.

Sistem global budget sudah dilakukan di Inggris

Negara lain sudah banyak menerapkan sistem pembayaran global budget. Diantaranya Denmark, Inggris, Jerman, Belgia, Italia dengan beberapa penyesuaian tergantung masing-masing kondisi negara seperti disampaikan Bayu di kesempatan itu.

Dengan metode global budget, cara pembayaran klaim ke rumah sakit akan berdasar kepada anggaran yang dihitung secara keseluruhan. Proses administrasinya pun terbilang mudah sehingga dapat meningkatkan kemampuan rumah sakit untuk membuat keputusan yang rasional dalam memaksimalkan sumber daya yang tersedia.

Selain itu, ada semacam fleksibilitas bagi rumah sakit untuk melakukan realokasi biaya pelayanan kesehatan sesuai dengan prioritas kebutuhannya.