Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan yang Enak dan Sederhana

      Comments Off on Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan yang Enak dan Sederhana

Dewaporkas.net , Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan yang Enak dan Sederhana – Ada berbagai macam jenis bubur yang dapat ditemui di Indonesia, ada bubur ayam, bubur sumsum dan salah satunya adalah bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau merupakan olahan pangan yang bahan utamanya berasal dari kacang hijau dan sangat nikmat dijadikan sebagai hidangan buka puasa atau sekadar santapan di kala cuaca sedang dingin.

Cara Membuat Bubur Kacang

Bubur kacang hijau sendiri merupakan makanan khas Nusantara yang terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan air dan gula aren bersama seikat daun pandan. Bahan-bahan tersebut dimasak sampai mendidih sampai kacang hijau menjadi lunak. Lalu disajikan dengan tambahan santan. Dalam versi yang lain, beberapa orang menambahkan tepung tapioka ke dalam bubur. Makanan yang satu ini dapat dimakan saat masih hangat maupun dingin dengan cara memasukkan es batu ke dalamnya.

Bubur ini juga digemari oleh masyarakat Indonesia tidak hanya karena rasanya yang lezat tapi juga karena memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Kini sudah banyak para penjual bubur kacang hijau yang berkeliling di permukiman. Hal ini tentu saja tak sulit untuk menemukan bubur kacang hijau.

Banyak memang yang menjual bubur kacang hijau, namun tentu tidak ada salahnya jika kamu mencoba membuat sendiri bubur kacang hijau. Apalagi nih, tak semua orang mau mengonsumsi bubur kacang hijau yang mengandung santan. Atau pun beberapa orang memang sedang tak memiliki persediaan santan di rumahnya hingga ingin mencari alternatif lain demi semangkuk hidangan yang lezat ini. Ada yang bubur kacang hijau tanpa santan dan ada pula tanpa santan namun menggantinya dengan susu kental manis.

Berikut cara membuat bubur kacang hijau tanpa santan yang liputan6.com rangkum dari berbagai sumber

Bahan cara membuat bubur kacang hijau:

– 250 gram kacang hijau

– 1 sdm tepung maizena

– 2 lembar daun pandan

– 1 cm jahe, memarkan

– 2 sdm gula pasir

– 1 sdt garam

– 5 sdm susu kental manis vanila

– 1 L air

Cara membuat bubur kacang hijau tanpa santan:

1. Rendam kacang hijau selama 2 jam.

2. Rebus kacang hijau dengan 1 L air. Masukkan jahe yang sudah dimemarkan, daun pandan, gula pasir, dan garam. Aduk hingga rata.

3. Larutkan tepung maizena dengan 2 sdm air lalu masukkan dalam rebusan kacang.

4. Masukkan susu kental manis ke dalam lalu aduk hingga rata. Aduk hingga mendidih

5. Bubur kacang hijau tanpa santan siap disajikan selagi hangat.