Cara penanganan sakit tipes pada anak

      Comments Off on Cara penanganan sakit tipes pada anak

Dewaporkas – Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan sakit tipes. Demam tifoid atau sakit tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang sangat mungkin menyerang anak.

Dewaporkas – Kondisi ini bisa menjadi penyakit serius terlebih di negara berkembang. Khususnya bagi anak-anak, penyakit ini bisa berakibat cukup fatal.

Demam tifoid menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi atau melalui kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi.

TIPES – Tanda dan gejala biasanya termasuk demam tinggi, sakit kepala, sakit perut, dan sembelit atau diare. Anak yang terinfeksi membutuhkan perhatian medis yang cepat dan tepat.

Berikut adalah beberapa perawatan yang efektif untuk menyembuhkan tifoid.

1. Tingkatkan asupan cairannya

Balita akan kehilangan banyak cairan karena demam, muntah, berkeringat, dan diare saat menderita tifus. Pastikan asupan cairan Si Kecil terpenuhi, kiranya delapan sampai sepuluh gelas air setiap hari.

Berikan sup, susu, dan cairan sederhana namun bergizi lainnya.

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk memberikan larutan rehidrasi oral (ORS) yang menggantikan cairan dan nutrisi.

2. Biarkan istirahat

Infeksi tifoid banyak menguras energi balita. Biarkan dia beristirahat saat menderita demam dan setidaknya seminggu setelah demam mereda. Pastikan kamarnya bersih dan segar.

3. Selalu bersihkan badan Si Kecil

Bersihkan badan anak setiap hari, saat menderita demam tifoid. Usap tubuhnya dengan spons bersih dan lembab untuk meringankan demam.

Jangan lupa juga untuk membersihkan giginya setiap hari untuk menjaga kebersihannya.

4. Antibiotik

Untuk mengobati tifoid pada balita, dokter akan meresepkan antibiotik yang efektif untuk membunuh kuman. Pastikan balita Anda melengkapi seluruh rangkaian antibiotik untuk mencegah kambuhan penyakit.