Dampak Buruk akibat Penggunaan Earphone Saat Tidur

Penggunaan earphone saat ini semakin popular di kalangan masyarakat. Bahkan penggunaan earphone tergolong penting dan mampu meringankan aktifitas seseorang. Dikala seseorang sedang repot dengan pekerjaanya, penggunaan earphone bisa mempermudah dalam berkomunikasi menggunakan handphone.
Seiring perkembanga dunia teknologi jenis earphonepun dapat juga engalami perkembangan yang sangat pesat. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya jenis earphone yang sangat banyak dan variatif. Yang dulunya menggunakan kabel sekarang sudah hanya menggunakan Bluetooth. Sehingga seseorang tidak perlu memegang perangkat yang dugunakan.
Mereka hanya perlu menghubungkan dengan koneksi secara digital. Penggunaanya pun sekarang lebih global dari berbagai lapisan masyarakat. Namun dibalik manfaat yang dapat mempermudah dan megurangi kerepotan seseorang. Ternyata penggunaan earphone memiliki berbagai dampak buruk yang sangat membahayakan indra pendengaran seseorang.
Bahkan bagi sebagian orang penggunaan earphone tidak terkontrol. Seperti ketika berkendara bahkan penggunaannya sampai tertidur belum dilepas. Sehingga seseorang yang tertidur earphone mereka masih menancap di lubang telinga mereka.
Berikut masalah pendengaran yang diakibatkan penngunaan earphone.
Penurunan Kemampuan Pendengaran
Kebiasaan mendengarkan musik saat tidur akan merusak koklea (rumah siput) yang berguna untuk mengolah informasi suara dan mengirimkannya ke otak. Getaran yang dihasilkan dari earphone secara terus menerus lama kelamaan akan merusak bagian pendengaran tersebut.
Musik yang terus di putar bahkan hingga tertidur dapat menyebabkan koklea tidak beristirahat sebagai mana organ lainnya, koklea akan terus bekerja menerima rangsangan suara meskipun tidak diolah kedalam otak. Hal ini menyebabkan koklea kelelahan hingga bisa menyebabkan kerusakan pada koklea itu sendiri yang dapat menurunkan kualitas pendengaran seseorang.
Tuli Total
Rumah siput yang rusak akan menyebabkan rangsangan suara tidak akan di terima dengan baik oleh koklea. Hal tersebut menyebabkan tidak bisa nya koklea mengirim pesan ke otak untuk mengolah suara menjadi informasi melalui pengiriman sinyal kedalam otak.
Untuk mengirimkan informasi suara koklea/rumah siput akan mengirimkannya melalui saraf yang terhubung ke bagian otak yang berfungsi mengolah informasi suara.Akibat dari kebasaan mendengarkan musik saat tidur saraf pendengaran tersebut pun ikut terganggu karena terus digunakan tanpa istirahat yang mana tidur semestinya menjadi waktu istirahat untuk saraf.
Meski tidak menyebabkan tuli secara langsung namun kebiasaan mendengarkan musik sampai tertidur juga mempercepat penurunan kemampuan fungsi mendengar. Hal terburuknya nyaitu hilangnya pendengaran seseorang.
Memicu infeksi didalam telinga
Sering menggunakan earphone juga dapat menimbulkan Gangguan pendengaran seperti : Infeksi telinga, telinga bernanah, telinga berair, telinga berdengung (tinnitus) bisa jadi masalah selanjutnya yang harus kamu hadapi akibat kebiasaan mendengarkan musik saat tidur. Penggunaan earphone yang terlalu lama dapat meningkatkan bakteri di telinga sehingga meningkatkan kemungkinan infeksi pada telinga.
Kerusakan Jaringan Otak
Kebiasaan mendengarkan music sampai tertidur berarti kamu tidak memberikan waktu istirahat kepada otak kamu. Musik yang kamu didengar akan diubah menjadi sinyal informasi yang dikirimkan kedalam otak. Sehingga otak akan terus bekerja walaupun kamu sedang tertidur. Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka lama kelamaan otak kamu juga akan mengalami kerusakan.
Sehingga jangan aneh ketika kamu bangun dalam keadaan yang tidak fresh. Gelombang elektromagnetik pada earphone pun berpengaruh pada kesehatan otak. Bahkan hal tersebut akan mengakibatkan tidur kamu kurang berkualitas.
Nah itulah efek negative yang dapat diakibatkan oleh penggunaan earphone saat kita tidur. Jika kamu memiliki kebiasaan seperti itu sebaiknya kamu hiangkan. Jika kamu masih melakukan hal tersebut maka berarti kamu rela kehilangan pendengaran kamu atau rela otak kamu rusak. Kehilangan salahsatu panca indera akan membuat hidup seseorang menjadi sengsara. Sayangilah telinga anda dengan tidak menggunakan earphone saaat tidur. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *