Demi Mata yang Sehat, Ini Langkah Mudah Membersihkan Maskara

      Comments Off on Demi Mata yang Sehat, Ini Langkah Mudah Membersihkan Maskara

Maskara yang menempel di bulu mata sebaiknya segera dibersihkan sebelum tidur. Jika maskara masih menempel dampaknya bukan hanya ke bulu mata tapi juga mata.

Dalam jurnal Ophthalmology edisi Mei 2018 dilaporkan seorang wanita asal Australia mengalami masalah pada penglihatannya. Hal tersebut terjadi gara-gara ia malas membersihkan maskara selama puluhan tahun seperti mengutip Live Science.

Sebelum berimbas ke mata, malas membersihkan masara sesungguhnya merusak bulu mata. Sandy linter, seorang duta kecantikan untuk Lancome memaparkan pada MyBestYou fakta-fakta mengenai maskara. Jika kita tidur dengan maskara atau sisa maskara yang masih melekat, bulu mata menjadi kering, rapuh, dan lebih sering mengalami kerontokan.

Sebelum hal itu menjadi mimpi buruk, Anda harus rajin membersihkan maskara sebelum tidur. Sandy linter menambahkan bahwa Anda harus membersihkan maskara dengan eye make up remover yang efektif mengangkat semua sisa makeup pada bagian mata. Bahan ini harus ringan dan tidak berminyak karena daerah mata sangat sensitif. gadisliar.com

Pembersih biasa biasanya mengandung formula yang berat atau berminyak  akan meninggalkan residu yang dapat menyumbat kelenjar minyak kecil di sekitar mata, sehingga benjolan kecil atau dikenal sebagai chalazion dapat muncul.

Penanganan yang dilakukan untuk mengangkat benjolan itu adalah dengan operasi. Itu sebabnya selalu pakai pembersih khusus untuk bagian mata.

Ilustrasi mata (iStock)

Untuk membersihkan maskara, Sandy memberikan tips berikut:

– Tuangkan cairan eye makeup remover pada kapas. gadisliar.com

– Tutup mata, lalu tekan lembut kapas tersebut pada bagian bulu mata, tahan selama lima detik agar maskara larut.

– Buka mata Anda perlahan, dan angkat kapas. Anda akan menemukan sisa maskara yang menempel pada kapas. Lakukan hal ini secara lembut sampai bulu mata bersih dari sisa maskara.