Diabetes bisa berujung pada depresi? Ini dia penjelasannya

diabetes-bisa-berujung-pada-depresi-ini-dia-penjelasannya

Kamu pun tahu bahwa diabetes berasal dari naiknya lonjakan gula darah yang kemudian mengganggu kerja insulin. Dan menurut beberapa penelitian, jumlah penderita diabetes makin naik setiap tahunnya.

Penyakit diabetes seringkali mengubah hidup penderitanya. Mereka harus rajin memantau kadar glukosa darah, rajin minum obat, serta mengontrol makanan yang harus mereka konsumsi. Tak berhenti sampai di situ. Diabetes ternyata juga bisa menimbulkan gangguan kecemasan atau depresi. Penderitanya seringkali mudah marah, mengalami ketakutan atau penyangkalan, hingga berujung dengan depresi.

American Diabetes Association mengungkapkan bahwa penderita diabetes umumnya mengalami kemarahan saat terdiagnosis penyakit ini. Kemarahan ini kemudian berlanjut dengan penyangkalan dan menolak pengobatan diabetes yang ditawarkan. Saat penyakit bertambah parah, akan timbul perasaan ketakutan bahwa diabetes akan menimbulkan penyakit lainnya. Dan berakhir dengan depresi.

“Depresi bisa menjadi kondisi yang sulit untuk diterima bagi penderita diabetes. Sehingga wajib dilakukan perawatan rutin dari penyakit ini dan memantau kondisi mental. Dibarengi dengan menjaga konsumsi makanan dan olahraga ringan yang dilakukan tiap hari, maka kondisi ini bisa terobati.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *