Diplomasi Indonesia diakui dunia, Jokowi minta rakyat percaya diri

      Comments Off on Diplomasi Indonesia diakui dunia, Jokowi minta rakyat percaya diri

KARTU66 –¬†Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato kenegaraan dalam sidang DPR dan DPRI RI hari ini. Dalam pidatonya, Jokowi menyebut bahwa Indonesia telah melebarkan sayap diplomasinya ke kancah dunia.

Dia pun mengajak rakyat untuk percaya kepada kekuatan Indonesia dan bangga menjadi warga negara ini. Sebab, Indonesia telah memiliki beberapa peran yang telah diakui di dunia.

“Indonesia tidak perlu gentar, jangan sampai kita tidak percaya diri. Jangan meragukan kemampuan bangsa sendiri. Karena sejatinya, kemampuan dan reputasi Indonesia sudah diakui di tingkat dunia,” kata Jokowi, di Gedung Parlemen, Senayan,Jakarta, Kamis (16/8).

“Salah satu buktinya adalah pada 8 Juni lalu, dunia memercayai Indonesia dan memilih kita menjadi anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020,” tambahnya.

Kepercayaan seperti ini, kaya Jokowi, harus dijaga dan ditunaikan dengan sebaik-baiknya. Bukan itu saja, Jokowi juga menyebut bahwa dunia sangat menghargai rekam jejak diplomasi Indonesia baik di bidang perdamaian maupun kemanusiaan.

“Indonesia terus menjadi jembatan dari berbagai perbedaan. Indonesia telah menjadi tuan rumah pertemuan Trilateral Ulama Indonesia Afghanistan-Pakistan sebagai sumbangsih Indonesia untuk menciptakan perdamaian di Afghanistan,” beber Jokowi.

“Indonesia juga menjadi tuan rumah dari Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia yang membahas Wasathiyyah Islam sebagai poros utama Islam dunia dan untuk pertama kalinya, kita juga menyelenggarakan Indonesia-Afrika Forum,” lanjutnya.

Jokowi juga menambahkan bahwa di tengah situasi dunia yang tidak menentu, Indonesia turut memberikan pemikiran mengenai pentingnya peningkatan kerja sama IndoPasifik.
Konsep Indonesia adalah mengutamakan sentralitas ASEAN, mengutamakan kerja sama dan dialog, serta penghormatan terhadap hukum internasional.

 

KARTU66
LINK ALTERNATIF :
-dapurqq.com
-bossdollar.com
-pahalaqq.com
-gadisliar.com