Dubes AS Berpose dengan Poster Lanskap Kota Yerusalem Tanpa Masjid Al Aqsa

      Comments Off on Dubes AS Berpose dengan Poster Lanskap Kota Yerusalem Tanpa Masjid Al Aqsa

BERITA TERKINI – Duta Besar AS untuk Israel David Friedman tertangkap kamera berpose dengan sebuah poster yang menampilkan tampak udara lanskap kota Yerusalem, di mana Masjid Al Aqsa telah dihapus dari gambar itu.

Poster Yerusalem itu disampaikan kepada Friedman dari seorang aktivis lembaga swadaya masyarakat Israel bernama “Achiya”, untuk sebuah sesi foto bersama dalam tur kerja ke Bnei Brak, timur Tel Aviv.

Lembaga itu menyerahkan Friedman sebuah poster lanskap Yerusalem yang telah diedit sedemikian rupa, mangganti Al Aqsa dengan sebuah kuil Yahudi. Demikian seperti dikutip dari Al Araby (23/5/2018).

Kedutaan AS untuk Israel berdalih bahwa sang duta besar tak tahu menahu mengenai rincian sesi foto bersama tersebut, termasuk poster Yerusalem yang dipegangnya saat berpose.

“Duta Besar Friedman tidak menyadari rincian poster itu ketika sesi foto dilakukan,” kata seorang juru bicara Kedutaan Besar AS dalam sebuah pernyataan.

“Ia (Friedman) sangat kecewa kalau ternyata, tur kerja itu dimanfaatkan oleh sejumlah pihak untuk menciptakan kontroversi.”

Kedutaan AS untuk Israel juga menekankan, “AS tetap mendukung kebijakan status quo Al Haram Al Sharif (Masjid Al Aqsa) / Gunung Kuil Yahudi (Temple Mount).”

Kedutaan AS juga menuntut permintaan maaf dari LSM Achiya, yang memimpin perjalanan Friedman selama kunjungannya ke Bnei Brak.

Lembaga swadaya masyarakat Achiya segera meminta maaf atas insiden tersebut.

“Kami meminta maaf kepada Duta Besar Friedman dan Kedutaan Besar AS. Salah satu staf kami memberikan poster kepada Duta Besar yang tidak disetujui dulu sebelumnya oleh organisasi kami atau kedutaan dan Duta Besar,” kata Achiya kemudian dalam sebuah pernyataan.

Status masjid Al Aqsa dan Gunung Kuil Yahudi telah lama menjadi rebutan di antara warga Palestina dan aktivis sayap kanan Israel yang ingin mengklaim daerah tersebut.

Kelompok garis keras Israel telah menyerukan pembongkaran masjid Al Aqsa untuk membuka jalan bagi sebuah kuil Yahudi.

Di sisi lain, Friedman adalah salah satu pejabat AS yang sangat mendukung Israel dan di masa lalu mendukung perluasan permukiman ilegal Israel di Tepi Barat.