Hebatnya LG V40, smartphone papan atas dengan lima kamera!

      Comments Off on Hebatnya LG V40, smartphone papan atas dengan lima kamera!

Pada awal Oktober lalu, perusahaan asal Korea Selatan LG merilis smartphone papan atas terbarunya yang bernama LG V40. Seperti lini V dari dari LG sebelum-sebelumnya, LG memadukan spesifikasi papan atas dengan tampilan yang elegan.

Namun di luar spesifikasinya, ternyata aspek paling menonjol dari LG V40 adalah kamera. Tidak tanggung, ada lima buah kamera yang tersemat di bodi LG V40. Lebih presisi, kamera tersebut ada tiga buah di bagian belakang, dan dua di sektor selfie.

Mari kita bahas sedikit soal kehebatan kamera dari LG V40 yang datanya dilansir dari berbagai sumber seperti Phone Arena dan The Verge berikut ini.

Kamera Belakang

Keberadaan lima kamera di tubuh LG V40 sendiri sudah menjadikan smartphone ini jadi perangkat paling serbaguna dalam hal fotografi dan videografi mobile. Terdapat tiga buah kamera belakang. Mari kita bahas satu per satu tiga kamera tersebut.

Terdapat kamera utama dengan sensor 12MP lengkap dengan stabilisasi optikal. Lensa ini memiliki aperture atau bukaan f/1.5 untuk sensitivitas cahaya yang baik untuk low-light. Ukuran sensornya pun lebih besar, yakni 1.4 micron piksel.

Kedua, terdapat kamera dengan sensor 16MP dengan lensa wide-angle yang ditulis oleh LG memiliki sudut 107 derajat. Ini adalah pendekatan dual kamera yang paling sering digunakan oleh LG, seperti di LG V20 dan juga LG G7.

Ketiga, terdapat kamera dengan sensor 12MP dengan lensa telephoto. Kamera ini memiliki kemampuan 2X zoom optikal, sehingga sangat baik menciptakan gambar portrait. Tak lupa tersemat software Portrait Mode untuk efek bokeh yang menawan.

Kamera Depan

Tak mau kalah dengan kamera belakangnya, kamera depan juga memiliki dua kamera. Terdapat kamera depan utama dengan sensor 8MP. Untuk keperluan selfie bersama, terdapat juga kamera dengan sensor 5MP berlensa wide-angle.

Video

Kamera dari LG V40 memiliki kemampuan merekam video dalam resolusi 4K di frame rate 60fps. Jadi, LG V40 sangat mumpuni untuk dimanfaatkan sebagai perangkat membuat video sinematik dengan slow-motion. Selain itu, smartphone ini juga memiliki kemampuan merekam video HDR.

Software

Software kamera adalah aspek yang cukup penting dalam fotografi mobile. Kemampuan software dalam memproses cahaya yang didapatkan ketika memotret, akan menghasilkan gambar yang baik pula.

Di V40, LG mengandalkan teknologi berbasis AI. Pertama adalah teknologi Multi-frame HDR yang bisa membuat dynamic-range di tiap foto akan lebih luas dan menghasilkan foto yang lebih baik. Kedua, terdapat kemampuan pendeteksi gerakan yang berdasar deteksi tersebut, kecepatan shutter-speed bisa menyesuaikan. Hal ini mengecilkan risiko foto yang buram karena objek bergerak.