Ini perbedaan mendasar gula jawa, gula aren, dan gula palem

Gula merupakan salah satu penambah rasa yang hampir tak bisa dipisahkan dalam dunia kuliner. Si manis ini diperlukan untuk menambah citarasa dalam makanan maupun minuman. Bahkan makanan dengan rasa gurih pun seringnya dibumbui dengan gula agar semakin kaya.

 Ada berbagai jenis gula yang bisa dipakai untuk masakan dan minuman. Mungkin bagi sebagian besar orang jenis gula hanya gula pasir dan gula merah. Sementara semua jenis gula yang memiliki warna coklat dianggap sama. Gula merah, gula jawa, atau gula palem. Satu benda dengan banyak nama. Padahal ketiganya memiliki perbedaan.

Apa yang membedakan gula jawa, gula aren, dan gula merah? Berikut ini penjelasan lengkapnya, dilansir dari Pergikuliner.com.

Gula jawa

Manfaat gula merah boldsky.com

Gula yang satu ini namanya pasti sudah sering banget kamu dengar bukan? Gula jawa merupakan salah satu gula yang kerap dipakai dalam masakan kuliner Indonesia. Warnanya khas yaitu coklat gelap kemerah-merahan dan jenis gula ini sering disebut sebagai gula merah.

Yuk Gabung ke LobbyQQ Agen Poker Online Terpercaya Di Indonesia. Rasakan Kartu Cantik Nya Dan Nikmati Layanan Customer Service Kami 24 Jam Nonstop Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Melalui Live Chat Link Kami
Link : promosiweb.net | hokiceme.com

Gula jawa banyak dijual dalam bentuk silinder kecil yang padat. Gula ini terbuat dari sari pohon kelapa atau getah palma. Biasanya gula jawa banyak ditemukan pada jajanan tradisional Indonesia seperti, getuk dan gemblong.

Gula aren

Ilustrasi gula aren Waras Sehat

Banyak orang yang sering terkecoh sama gula aren dan mengiranya sebagai gula jawa. Gula aren sendiri terbuat dari nira pohon enau yang diolah secara tradisional dan dicetak dengan batok kelapa. Namun ada juga yang bentuknya silinder seperti gula jawa. Untuk membedakannya dengan gula jawa sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu melihat dari segi warnanya saja, karena gula aren memiliki warna yang lebih cerah dan kekuningan.

Selain itu, berbeda dengan gula Jawa yang teksturnya lebih keras, gula aren memiliki tekstur yang lebih empuk. Cita rasa gula aren tergolong lebih manis dan ketika dicairkan teksturnya lebih legit. Biasanya gula ini banyak ditemukan pada kuliner berkuah seperti wedang ronde, cendol dan kolak.

Gula palem

Ilustrasi gula palem SPICEography

Nah kalau gula yang satu ini sebenarnya memiliki bentuk dan tekstur yang berbeda. Gula yang juga sering disebut gula pasir coklat ini mempunyai tekstur yang mirip dengan gula pasir, namun lebih halus dengan warna kecoklatan. Selain disebut gula pasir coklat, ada juga yang menyebutnya dengan nama gula semut.

Gula ini terbuat dari nira atau sari batang tumbuhan palem. Aromanya yang sangat khas dan wangi, membuatnya sering dipakai dalam campuran makanan manis seperti kue tradisional ataupun kue modern.

Demikian penjelasan tentang perbedaan gula jawa, gula aren, dan gula palem. Mulai sekarang jangan sampai salah membedakannya, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *