Ini Sosok 6 Masinis Perempuan MRT Jakarta

      Comments Off on Ini Sosok 6 Masinis Perempuan MRT Jakarta

KARTU66 || Jakarta – PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta telah melakukan perekrutan masinis MRT sejak 2016 lalu. Peserta yang lolos tidak hanya pria melainkan juga perempuan.

Kepala Divisi Railway Operation PT MRT Jakarta, Mega Tarigan menuturkan dibutuhkan 60 masinis untuk mengoperasikan MRT fase I. Saat ini, dari 41 masinis MRT yang lolos seleksi, 6 di antaranya masinis perempuan.

Mega mengatakan, dalam perekrutan tidak ada ketentuan pemilihan masinis berdasar gender, peserta yang terpilih berdasarkan kemampuan.

“Tidak ada alasan khusus (rekrut masinis wanita), karena berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan Nomor 4 Tahun 2017 itu memang diperbolehkan,” kata Mega di kantor MRT, Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2018).

Jadi, lanjut dia, syarat masinis MRT itu memiliki tinggi 160 centimeter, sehat jasmani dan rohani.

“Dari segi peraturan kan memang tidak ada diskriminasi. Dibuka untuk pria dan wanita. Tapi mungkin selama ini praktiknya banyak lelaki,” jelas Mega.

Sebagian masinis yang direkrut merupakan fresh graduate. Sebelum dilatih di Malaysia, para masinis terlebih dahulu menjalani pendidikan di Akademi Perkeretaapian Indonesia, Madiun, Jawa Timur.

Mega mengatakan alasan para masinis dilatih di Malaysia karena teknologi MRT belum digunakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan bahasa yang digunakan mudah dimengerti.

“Kalau ke Jepang kan enggak ngerti mereka ngomong apa, makanya pilihan jatuh ke Malaysia karena kemudahan komunikasi. Jadi kita kirimkan ke Malaysia agar dia dapat pengalaman bagaimana mengemudikan kereta,” ujar Mega.

 

Pelatihan di Malaysia

“Jadi cikgu (pelatih) di sana melakukan sampling, kalau wanita kuat berarti yang lainnya juga kuat. Dari fisik dilatih, mentalnya dilatih, tidak ada perbedaan sama sekali,” ujar Indri.