Intagram Rilis Fitur Nametag, Follow Akun Cuma dengan Scan Layar

      Comments Off on Intagram Rilis Fitur Nametag, Follow Akun Cuma dengan Scan Layar

Instagram merilis fitur baru yang dirancang untuk membuat pengguna terhubung dengan lebih banyak orang.

Fitur yang dimaksud adalah Nametag. Dengan memindai Nametag yang ada di layar smartphone, kamu bisa langsung menemukan nama akun yang dipindai.

Fitur Nametag diperkenalkan secara global dan mulai ada pada Instagram di iOS maupun Android.

Sebelumnya, sebagaimana dikutip Tech Crunch, Jumat (5/10/2018), fitur ini sudah diuji pada Maret dan April lalu.

Meski secara teknis tidak memindai QR Code, pengguna melalui kamera di Instagram-nya memindai Nametag milik pengguna lainnya yang bertemu secara langsung.

“Kini kamu bisa lebih cepat menambahkan teman di Instagram dengan cara memindai nametag mereka (saat bertemu langsung). Kamu juga bisa mengkustomisasi tampilan nametag tersebut dengan emoji, warna, hingga foto selfie,” demikian dikicaukan pihak Instagram melalui akun Twitternya.

Bagaimana Cara Pakainya?

Pertama, kamu bisa masuk ke profil, kemudian membuka menu (tiga garis di sudut kanan atas) dan menemukan fitur Nametag di bawah nama akun kamu.

Jika sudah, tampilannya akan seperti di bawah ini. Nametag tersebut bisa dipindai oleh pengguna lain melalui kamera di Instagram Stories atau opsi Scane Nametag pada menu Nametag milik kamu.

Kemudian, setelah pemindaian selesai, pengguna bisa memilih untuk melihat profil akun ataupun mengikuti akun yang sebelumnya dipindai.

Beda lagi dengan mereka yang sudah saling mengikuti, akan ada notifikasi kedua pengguna sudah saling mengikuti satu sama lain.

Agar lebih variatif, pengguna bisa menambahkan warna, emoji, atau selfie AR sebagai hiasan di Nametag kamu. Kamu juga bisa membagikan itu ke berbagai situs web pribadi, media sosial lain, atau pesan yang dikirim ke teman.

Jiplak Snapchat

Fitur ini sebenarnya sudah ada di Snapchat dengan nama Snapcode. Bedanya, Snapchat sudah menghadirkannya pada 2015 di profil pengguna.

Sebelumnya, Facebook Messenger juga menghadirkan fitur serupa pada April 2017. Sayang, tak diketahui kenapa Instagram butuh waktu lama menghadirkannya Scan Nametag pada aplikasinya.