Israel Lancarkan Operasi Militer Musnahkan Terowongan Hizbullah di Perbatasan Libanon

Militer Israel hari ini mengumumkan mereka melancarkan operasi untuk ‘menguak dan memusnahkan’ terowongan yang membentang antara Libanon dan Israel. Terowongan itu diduga dibuat oleh kelompok Hizbullah.

Juru bicara militer Letnan Kolonel Jonathan Conricus mengatakan kepada kantor berita Reuters, operasi ini hanya akan berlangsung di wilayah Israel dan tidak akan menembus hingga Libanon.

“Kami melihat aktivitas Hizbullah sebagai pelanggaran terang-terangan atas wilayah Israel,” kata dia, seperti dilansir laman Aljazeera, Selasa (4/12).

Juru bicara Israel Avichay Adraee, mengatakan pemerintah Libanon bertanggung jawab atas dibuatnya terowongan-terowongan itu dan itu bisa membahayakan rakyat Libanon.

Sejauh ini Hizbullah belum berkomentar atas operasi Israel ini.

Portal berita Libanon, Tayyar, melaporkan tentara Israel kini tengah menggali kawasan di seberang Desa Kfarkela dan Adaisseh di selatan perbatasan Libanon.

Koresponden Aljazeera Natashan Ghoneim mengatakan operasi dilakukan militer Israel ini termasuk jarang terjadi.

“Juru bicara militer Israel mengatakan mereka menemukan terowongan yang dibuat Hizbullah dan berupaya mencegah serangan Hizbullah yang dilancarkan dari Libanon ke Israel,” kata Ghoneim.

“Sejak Hizbullah berperang melawan Israel pada 2006, operasi semacam ini belum pernah dilakukan di wilayah sebelah utara karena ketegangan antara Hizbullah dan Israel,” kata dia.

Pada 2006, perang Hizbullah dan Israel menewaskan lebih dari 1.100 orang Libanon, terutama rakyat sipil, dan 159 warga Israel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *