Jangan Langsung Dipotong, Begini Cara Memperbaiki Rambut Rusak

      Comments Off on Jangan Langsung Dipotong, Begini Cara Memperbaiki Rambut Rusak

Punya masalah dengan rambut rusak? Kalau rambut rusak, pastinya bikin bete ya. Menata rambut jadi nggak sempurna hasilnya. Gaya rambut pun jadi nggak oke lagi. Kalau sudah begini, kadang kita tergoda untuk ingin langsung memotongnya saja.

Faktanya, memperbaiki rambut rusak tidak harus dengan memotongnya. Dilansir dari sheknows.com, Senin (25/6/2018), Andrew Fitzsimons, penata rambut dari banyak selebritas ternama seperti keluarga Kardashian, Shay Mitchell, dan Joan Smalls membagikan beberapa tipsnya.

1. Deteksi kerusakan rambutnya
Seharusnya cukup mudah untuk melihat rambut rusak, namun jika Anda masih tidak yakin, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diwaspadai.

– Ujung rambut bercabang
Ini merupakan tanda yang paling umum dari rambut rusak. Untuk melihatnya lebih jelas, lilitkan bagian kecil rambut di sekitar jari, jika ada helai kecil tidak rata mencuat keluar, berarti itu adalah rambut bercabang.

– Rambut rontok
Jika Anda memperhatikan banyak rambut terlepas di kamar mandi atau saat menyisirnya, kemungkinan rambut telah rusak.

– Kusam
Rambut berkilau adalah rambut yang sehat. Jika rambut Anda terlihat kusam, mungkin disebabkan oleh penumpukan produk atau sedang membutuhkan kelembapan.

– Rapuh dan kering
Apapun tekstur dan jenis rambut seseorang, rambut seharusnnya lembut. Kurangnya kelembapan dapat menjadikan rambut lebih rapuh dan mudah patah.

2. Sesuaikan perawatan rambut dengan musimnya
Sama seperti kulit, rambut juga butuh penyesuaian dengan musim. Di musim panas, Anda mungkin lebih banyak menguncir rambut, sehingga terjadi penarikan konstan yang bisa membuat rambut stres.

Sedangkan cuaca dingin akan menarik kelembapan rambut, meninggalkannya kering, kusam, keriting, dan bercabang. Lakukan penyesuaian perawatan rambut sesuai dengan musimnya.

3. Tinggalkan penataan rambut menggunakan alat pemanas
Langkah pertama untuk mengatasi kerusakan rambut tanpa memotongnya adalah dengan mencoba menghentikan kerusakan lebih lanjut. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah menghindari alat pemanas.

4. Potong ujung rambut yang bercabang
Salah satu cara terbaik memerangi rambut bercabang adalah memotong ujungnya. Ya, walaupun Anda sayang melakukannya, ini merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan.

5. Pertimbangkan untuk tetap memiliki rambut pendek
Para ahli setuju bahwa rambut panjang cenderung lebih rentan terhadap kerusakan. Sehingga sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk tetap memiliki rambut pendek.

6. Perhatikan produk yang Anda gunakan
Pertimbangkan untuk menggunakan masker rambut sebelum menggunakan produk perawatan rambut lainnya, seperti sampo dan kondisioner. Selain itu, sebelum menata rambut menggunakan alat pemanas, lindungi rambut menggunakan produk tertentu.

Semoga tips-tipsnya bermanfaat, ya ladies. Semoga kamu bisa mendapatkan kembali rambut cantik dan sehatmu.