Jangan Takut dengan Digitalisasi

Digitalisasi mempermudah segala aktivitas, sehingga tidak perlu takut dengan kedatangannya. Namun, terus berkembangnya teknologi informasi semakin banyak pula sumberdaya manusia yang dibutuhkan.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo, Mariam Fatima Barata.

“Penguatan sektor TIK lokal menciptakan lapangan kerja dan akses peluang untuk pengembangan,” ujar Mariam, di IPMI International Business School, Jakarta, Jumat 15 September 2017.

Ia lalu mencontohkan transportasi online seperti Gojek. Walaupun beralih ke digital, tapi sumberdaya manusia tetap dibutuhkan.

Yuk Gabung ke LobbyQQ Agen Poker Online Terpercaya Di Indonesia. Rasakan Kartu Cantik Nya Dan Nikmati Layanan Customer Service Kami 24 Jam Nonstop Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Melalui Live Chat Link Kami
Link : promosiweb.net | hokiceme.com

“Ini kombinasi yang sempurna. Satu sisi, digital (aplikasi online) untuk mempermudah pengguna dan driver sebagai pelaku pelaksana jasa,” kata dia.

Kemudian, bertaburannya marketplace dan e-commerce. Ia mengatakan belanja online mempermudah pengguna sehingga tidak perlu lagi keluar rumah. Akan tetapi, lagi-lagi tetap dibutuhkan tim di dalam platform tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Founder ICED Institute, Jimmy Gani, menambahkan Indonesia membutuhkan strategi percepatan pembangunan berbasis TIK supaya dapat meningkatkan daya saing secara global.

“Dewasa ini Indonesia menghadapi kemunduran baik di bidang pendidikan, kualitas sumberdaya manusia, dan teknologi. Sehingga, daya saing kita, baik tingkat regional ASEAN maupun global, masih kalah bersaing dengan negara lain,” ujar Jimmy.

ICED Institute adalah lembaga riset penelitian dan pendidikan yang punya misi mewujudkan peningkatan daya saing bangsa khususnya bidang ekonomi, keuangan dan teknologi. ICED diharapkan bisa mencetak sumberdaya manusia yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *