Kapolri Minta Pengatur Ganjil-Genap Dengar Masukan Warga

      Comments Off on Kapolri Minta Pengatur Ganjil-Genap Dengar Masukan Warga

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jendral Tito Karnavian menyatakan upaya mengurai kemacetan di Jakarta lewat penerapan ganjil-genap dan kebijakan lainnya di ruas Tol Cikampek, harus mendengar pendapat atau masukan dari masyarakat.

Kata Tito, masukan masyarakat harus didengar masukannya karena mereka lah yang merasakan langsung dampak kemacetan di tol.

“Masukan publik penting untuk menyempurnakan kebijakan,” ujar Tito saat meninjau penerapan kebijakan ganjil-genap di gerbang tol Bekasi Barat, Senin (12/2).

Pemerintah saat ini sedang menerapkan tiga kebijakan mengurai kemacetan di tol Cikampek yakni ganjil genap, pengaturan angkutan barang golongan III, IV, V, dan prioritas lajur khusus angkutan umum untuk bus sedang dan besar.

Tiga kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 18 Tahun 2018 yang khusus mengatur lalu lintas di Ruas Tol Jakarta-Cikampek selama masa pembangunan proyek infrastruktur strategis nasional.

Tito menyarankan para penyelenggara paket kebijakan itu membuka Posko Bersama untuk mengintegerasikan seluruh evaluasi pelaksanaan kegiatannya dalam satu kanal.

Posko tersebut juga diharapkan bisa menampung seluruh masukan publik, khususnya para pengendara yang selama ini kerap berhadapan dengans ituasi kemacetan tol.

“Ganjil genap juga harus ada solusi, di antaranya transportasi umum yang disediakan pemerintah harus memenuhi standar kelayakan. Ini harus dikontrol bersama,” katanya.

Selain itu, Tito menekankan pentingnya sosialisasi untuk mendukung keberhasilan kebijakan tersebut.

“Jangan hanya dilakukan di media sosial, kalau perlu bikin kanal khusus untuk paket kebijakan ini,” katanya.

Pemberlakuan ganjil genap di ruas tol Cikampek berlaku hari ini terhitung sejak pukul 06.00 hingga 09.00 WIB.

Hingga 25 Maret nanti, kebijakan ganjil genap masih pada tahapan uji coba dan sosialisasi sehingga pelanggaran terhadap kebijakan itu hanya akan ditindak lewat teguran petugas polisi.

Tito berharap masa uji coba ini bisa diketahui masyarakat pengguna jalan dan dimaksimalkan untuk mengurai kemacetan di tol Cikampek.

“Sambil berjalan, sambil dievaluasi, jangan sampai tiga solusi ini bikin publik lebih susah lagi,” katanya.