Kawasan Anyer Berpotensi Macet Parah, Cek Rekayasa Lalu Lintasnya

      Comments Off on Kawasan Anyer Berpotensi Macet Parah, Cek Rekayasa Lalu Lintasnya

TRENDING – Masa libur Lebaran masih tersisa. Sejumlah lokasi wisata mulai dipadati pengunjung, salah satunya Kawasan Wisata Pantai Anyer, Banten. Pada Minggu, 17 Juni 2018, dari pagi hingga sore, lalu lintas dari Jalan Lingkar Selatan (JLS) menuju Kawasan Wisata Anyer, macet sekitar 12 kilometer.

Untuk mengurai kemacetan itu, polisi memberlakukan one way atau satu arah. Kendaraan dari JLS akan diarahkan masuk ke kawasan Anyer.

“Kendaraan yang akan menuju Merak cukup sepi, beralih ke arah Anyer dan Carita. Ruang gerak JLS hingga Anyer, Carita dan Karang Bolong,” kata Kombes Pol Gomez Koerniawan, Wakapolda Banten, saat ditemui di Pos Lalu Lintas (Lantas) Simpang JLS-Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, Minggu.

Tidak hanya itu, rekayasa lalu lintas juga diberlakukan. Kendaraan yang akan keluar dari wilayah Anyer dan sekitarnya, bisa melalui Simpang Pasar Anyer, melalui Mancak, keluar di Kota Serang dan masuk gerbang tol Serang Barat.

Bisa juga melewati Pasar Anyer, Cigadung, masuk kawasan Industri KIEC, dan masuk ke Gerbang Tol Cilegon Barat.

“Sampai Pasar Anyer, kita maksimalkan untuk menarik kendaraan ke Pasar Anyer. Kendaraan dari Carita keluar, ini juga cukup berimbang,” jelasnya.

Kendaraan Mogok

Jalur Anyer Macet Total

Berdasarkan pantauan di lokasi, banyak kendaraan yang mogok karena kepanasan terjebak kemacetan. Angkot pun tak luput mengalami mesin mogok. Akibatnya, Polantas Polres Cilegon bersama TNI ikut mendorong angkot jurusan Simpang Tiga Cilegon-Anyer itu. gadisliar.com

Situasi lalu lintas di Pasar Baros menuju lokasi wisata di Kabupaten Pandeglang, padat merayap.

Adapun di Pertigaan Teneng macet parah. Arus lalu lintas dari arah Mengger-Cipali-Teneng didominasi kendaraan roda dua dan bak terbuka, yang mengangkut wisatawan.

“Menuju Anyer melalui Cipali – Teneng dibelokkan sedikit ke arah Labuan untuk mengurai kemacetan di pertigaan,” kata Herdy Jauhari, Plt Dishub Provinsi Banten.

Adapun, kendaraan yang melintasi jalan tol Tangerang-Merak (Tamer) terus mengalir ke wilayah Kota Cilegon dan Serang, untuk berwisata.

“Jumlah kendaraan yang melintas Tol Tangerang-Merak sementara sampai shift 1, pukul 14.00 WIB, sebanyak 45.007 kendaraan,” kata Rawiyah Hijrah, staff Humas PT Marga Mandala Sakti (MMS), selaku pengelola tol Tamer.