Koalisi Pimpinan Xanana Gusmao Menangkan Pemilu Parlemen Timor Leste

DUNIA – Koalisi pimpinan Xanana Gusmao, Change for Progress Alliance (AMP), berhasil memenangkan mayoritas kursi di parlemen Timor Leste, dalam pemilihan umum yang berlangsung pada bulan ini.

Kepala Pengadilan Banding Timor Leste, Deolindo dos Santos, mengatakan AMP meraih 49,6 persen suara.

Pemungutan suara itu disebut sebagai upaya untuk mengakhiri kebuntuan selama berbulan-bulan di parlemen setempat, di mana ada pemerintahan minoritas yang dipimpin oleh perdana menteri Mari Alkatiri.

Dikutip dari ABC Online pada Kamis (31/5/2018), AMP yang merupakan sebuah koalisi Kongres Nasional bentukan Gusmao untuk Rekonstruksi Timor (CNRT) dan dua partai lainnya, mengamankan 34 dari 65 kursi di parlemen.

Partai Fretilin yang menaungi PM Alkatiri diketahui memenangkan 34,2 persen suara. Partai itu mengajukan protes dugaan penyimpangan selama pemungutan suara, tetapi pengadilan banding menolak klaim tersebut.

Yuk Gabung ke Kartu66 Agen Poker Online Terpercaya Di Indonesia. Rasakan Kartu Cantik Nya Dan Nikmati Layanan Customer Service Kami 24 Jam Nonstop Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Melalui Live Chat Link Kami
Link : promosiweb.net | hokiceme.com

Fidelis Magalhaes, seorang pejabat dari koalisi AMP, mengatakan hasil pemilu kali ini harus memecahkan kebuntuan di Parlemen Timor Leste.

“Timor Leste harus memiliki pemerintahan yang berdiri dan berasal dari mayoritas mutlak di parlemen,” kata Magalhaes.

Dia menolak mengomentari spekulasi bahwa mantan presiden dan perdana menteri Gusmao akan tampil lagi sebagai perdana menteri.

Adapun Gusmao belum memberikan komentar lebih lanjut terkait hal ini.

Di saat bersamaan, negara tetangga sekaligus sekutu terdekat, Australia, menyambut baik hasil pemilu yang berlangsung di Timor Leste.

Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Julie Bishop dalam sebuah pernyataan resmi.

“Kami menantikan sumpah perdana menteri dan kabinet baru, karena Pemerintah Australia tetap berkomitmen untuk kerja sama yang lebih mendalam antara kedua negara kami,” kata Menteri Bishop pada Rabu, 30 Mei 2018.

Pemilu Parlemen Kelima

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *