Lingkaran Hitam Mata Panda Ini Tiba-Tiba Berubah Jadi Putih, kenapa?

Lingkaran mata hitam adalah salah satu penanda utama pada panda raksasa, yang ditetapkan sebagai hewan nasional China.

Namun, baru-baru ini sejumlah lingkaran mata hitam tersebut berubah menjadi putih pada sekumpulan panda di pusat penelitian Chengdu Giant Panda Breeding di provinsi Sichuan, di barat daya China.

Dikutip dari Asia One pada Jumat (4/5/2018), insiden itu menyita perhatian publik karena dianggap sebagai sebuah anomali.

Menurut peneliti setempat, beberapa panda mengalami masalah kerontokan di sekitar area mata, tanpa diketahui pasti apa penyebabnya. Area yang rontok itu menyisakan area dasar berupa sekumpulan bulu berwarna putih.

Menurut Luo Qingli, seorang ahli penyakit yang kerap menangani kesehatan hewan-hewan endemik China, menyebut penyebab pasti telah teridentifikasi, dan harus segera diumumkan oleh pusat penelitian panda.

Penyebabnya adalah gejala yang serupa pada manusia, yakni sebagai gangguan kesehatan bernama “uveoencephalitis“, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut dan kerusakan pada saraf.gadisliar.com

Lou menjelaskan bahwa uveoensefalitis adalah penyakit yang berkaitan dengan endokrin dan sistem kekebalan tubuh, tetapi penyebabnya tidak jelas.

Jika seseorang — ataupun hewan — terserang penyakit ini, maka sebagian besar rambut yang tumbuh di kulitnya akan mengalami kerontokan.

“Tapi panda yang memiliki lingkaran mata hitam menjadi putih bukan disebabkan oleh penyakit ini,” kata Luo.

Untuk sementara waktu, panda yang terinfeksi gejala tersebut diberi vitamin dan suplemen tambahan, yang diharapkan mampu meregenerasi rambut-rambut di tubuhnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *