‘Makanan Mangkuk’ Jadi Hidangan Utama Pesta Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

      Comments Off on ‘Makanan Mangkuk’ Jadi Hidangan Utama Pesta Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Selama persiapan beberapa bulan terakhir, pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle telah menegaskan tidak akan menggelar pesta pernikahan super besar, seperti yang biasa dilakukan oleh anggota keluarga Kerajaan Inggris.

Keputusan untuk memilih basis rasa lemon untuk kue pengantin dan mengundang lebih dari 1.000 anggota masyarakat adalah dua dari segelintir persiapan yang melawan tradisi kerajaan.

Dikutip dari Independent.co.uk pada Selasa (15/5/2018), keputusan lain yang tidak biasa juga telah dipilih Pangeran Harry dan Meghan Marke, yakni menyajikan makanan mangkuk (bowl food) sebagai hidangan utama pada resepsi pernikahannya.

Makanan mangkuk sendiri merupakan sebuah tren di ranah kuliner modern saat ini. Konsep utamanya adalah mengkreasikan beragam bahan pangan ke dalam keripik berbentuk mangkuk.

Biasanya, mangkuk yang bisa dimakan ini terbuat dari tepung jagung atau tepung gandum, yang memiliki tekstur layaknya cangkang taco (taco shell).

Uji coba menu untuk resepsi pernikahan–yang akan diselenggarakan oleh Ratu di St George’s Hall–tengah diawasi oleh koki kerajaan Mark Flanagan.

Selain makanan mangkuk, para tamu juga akan disajikan canapé (kudapan ringan), yang akan diolah dari hasil bumi Inggris di dapur kerajaan di Kastil Windsor.

“Hari pernikahan dipilih di waktu yang sangat tepat, karena semua sayuran di Inggris memasuki masa panen, sehingga kami fokus mengolahnya sesegar mungkin,” kata koki Flanagan.

Ditambahkan oleh Flanagan, Pangeran Harry dan Meghan Markle telah memainkan peran penting dalam menentukan kreasi kuliner yang akan disajikan.

Keduanya disebut beberapa kali mengunjungi dapur utama Kastil Windsor untuk berkonsultasi dengan kami, dan memastikan bahwa sebanyak mungkin produk musiman setempat digunakan.

“Mereka sudah mencicipi semuanya, mereka telah terlibat dalam setiap detail,” kata Flanagan.

Adapun untuk canapé, Flanagan akan menampilkan berbagai jenis kudapan manis dan gurih, yang setiap porsinya didesain untuk dua kali gigitan.

Belum Membeberkan Rincian

Sejauh ini, pihak istana belum membeberkan sedikit pun rincian bahan-bahan apa yang akan diisikan ke dalam mangkuk.

Begitupun untuk jenis canapé-nya, belum ada keterangan resmi dari pihak Kerajaan Inggris. Namun, banyak orang telah menduga bahwa British pie dan cinnamon roll, dua kudapan yang telah menjadi bagian dari ciri khas kuliner Inggris.gadisliar.com

“Tidak ada eksperimen khusus, Pangeran (Harry) dan calon istrinya, hanya meminta menu yang memiliki cukup manfaat sehat, dan disajikan secara dengan sentuhan klasik,” jelas Flanagan.

Selain makanan mangkuk, resepsi pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle juga menyajikan beragam pastri lezat kreasi koki Selwyn Stoby.

Beberapa varian pastri yang disajikan, di antaranya adalah cokelat truffle, aneka biskuit, panna cottadengan topping mangga, dan masih banyak lainnya.