Manfaat Jeruk untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

      No Comments on Manfaat Jeruk untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Jeruk telah menjadi salah satu buah yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Rasanya yang manis, asam dan segar membuatnya disukai banyak orang.

Jeruk pun mengandung berbagai vitamin, nutrisi dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di Indonesia, buah ini sangat mudah dijumpai di pasaran dengan harga terjangkau.

Namun masih saja banyak orang yang masih belum mengetahui manfaat buah jeruk untuk kesehatan. Berikut ini penjelasannya:

1. Mencegah penyakit mata

Penelitian baru menunjukkan bahwa orang yang memasukkan jeruk secara teratur dalam diet mereka 60 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan bentuk kehilangan penglihatan (degenerasi makula) dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi buah ini.

Data menunjukkan bahwa flavonoid yang ditemukan pada jeruk bisa membantu melindungi terhadap penyakit. “Bahkan makan jeruk seminggu sekali tampaknya menawarkan manfaat yang signifikan,” kata ahli epidemiologi, Bamini Gopinath dari University of Sydney di Australia, seperti dilansir laman MSN, Selasa ( 18/9).

2. Manfaat kesehatan jantung

Penelitian telah menghubungkan asupan buah jeruk yang sering dengan insiden penyakit kardiovaskular yang lebih rendah, menunjukkan bahwa buah seperti jeruk bisa memiliki efek perlindungan pada jantung.

Vitamin C dan potasium, khususnya, telah dikaitkan dengan fungsi jantung yang sehat. Sebuah studi 2012 pada buah jeruk juga menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi jumlah tinggi flavonoid (terutama dari sumber seperti jeruk) memiliki risiko 19 persen lebih rendah menderita stroke dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi jumlah yang paling sedikit.

3. Memperbaiki gejala IBS

“Kadar tinggi serat larut dan tidak larut bisa ditemukan pada jeruk. Serat tidak larut bisa membantu menarik air ke dalam usus besar sementara serat larut bisa menarik air dan membantu menghilangkan kelebihan cairan,” kata Dr. Patricia Raymond, asisten profesor di Eastern Virginia Medical School di Norfolk.

Untuk membantu mengurangi sembelit dan diare, Dr. Raymond menyarankan pasiennya dengan sindrom iritasi usus (IBS) untuk meningkatkan asupan makanan yang mengandung serat ini.

4. Fungsi otak yang lebih baik

Satu studi dari 2015 menyarankan bahwa minum jus jeruk bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif. Namun, ahli nutrisi tidak menyarankan mengonsumsi jeruk dalam bentuk jus secara teratur karena kadar gula yang tinggi dan kadar serat yang rendah.

Tetapi penelitian itu tampaknya mendukung konsumsi buah-buahan kaya flavonoid seperti jeruk. “Perubahan kecil dan mudah diberikan pada makanan sehari-hari, seperti makan lebih banyak buah dan sayuran kaya flavonoid, memiliki potensi untuk secara substansial bermanfaat bagi kesehatan otak,” kata rekan penulis, Dr. Daniel Lamport dari University of Reading, Inggris.

Klinik Cleveland merekomendasikan sumber vitamin C (termasuk buah jeruk) dalam daftar “makanan berenergi” yang bisa membantu tubuh dalam menyembuhkan luka dan mungkin mencegah infeksi.

Satu studi juga menemukan peningkatan fungsi otot dan mengurangi rasa sakit setelah berolahraga pada peserta yang mengonsumsi 400mg vitamin C setiap hari. Sekitar 70 miligram vitamin C bisa ditemukan dalam jeruk sedang sementara yang berukuran sedikit lebih besar bisa mengandung hingga 100 miligram.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *