Masturbasi Bikin Rambut Rontok?

      No Comments on Masturbasi Bikin Rambut Rontok?

SEXOLOGY – Beberapa mitos mengatakan bahwa masturbasi menyebabkan kerontokan rambut. Mereka yang percaya tentang hal itu mengatakan, protein yang hilang saat ejakulasi menyebabkan rambut menjadi rontok

Selain itu, beberapa orang mengatakan bahwa untuk pria, masturbasi meningkatkan hormon DHT yang bertanggung jawab atas kebotakan pria. Benarkah bisa begitu?

“Tidak ada korelasi ilmiah antara masturbasi dan rambut rontok,” ujar Mona Gohara, dokter kulit di Advanced DermCare dan profesor di Yale School of Medicine, Amerika Serikat. Menurutnya, apabila hal tersebut benar-benar nyata, maka banyak orang akan mengalami kebotakan.

Melansir dari Women’s Health pada Senin (27/8/2018), seks dan ejakulasi secara umum tidak berdampak negatif pada kesehatan ramubut. Masturbasi bahkan diyakini terbukti menghilangkan stres, tidur yang lebih baik, dan meningkatkan kebahagiaan.

1 dari 2 halaman

Faktor Genetika dan Lingkungan

Kerontokan rambut sendiri disebabkan oleh kombinasi faktor genetika dan juga lingkungan. Hal tersebut dikemukakan oleh Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di bidang Dermatologi di Mount Sinai Hospital, Joshua Zeichner.

“Beberapa faktor, seperti orangtua Anda, berada di luar kendali Anda,” kara Zeichner.

Zeichner menambahkan, beberapa faktor lain seperti bagaimana cara memperlakukan rambut berada dalam kendali Anda. Model ekor kuda yang terlalu ketat maupun kepang, bisa memberikan tekanan pada akar rambut dan berkontribusi pada penipisan.

Selain itu, pelurus kimia dan panas yang ekstrem dari peralatan perawatan rambut bisa berkontribusi pada kerusakan rambut.

Gohara menambahkan, beberapa faktor lain yang berkontribusi dalam kerontokan rambut adalah perubahan hormon, masalah tiroid, anemia, defisiensi vitamin, autoimunitas, obat-obatan tertentu, serta stres emosional dan fisiologis.

Yang pasti, tidak ada masturbasi di dalam daftar tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *