Mengejutkan, Kim Jong-un Hentikan Semua Tes Misil dan Uji Coba Nuklir

KARTU66 || Pyongyang – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un mengambil langkah dramatis. Ia menghentikan uji coba rudal dan akan menutup tempat uji coba nuklir.

“Mulai 21 April 2018, Korea Utara akan menghentikan uji coba nuklir dan peluncuran misil balistik antarbenua,” demikian pernyataan yang diumumkan oleh kantor berita negara tersebut, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (21/4/2018).

Juga disebutkan bahwa Kim Jong-un mengatakan, uji coba lebih lanjut tak lagi diperlukan. Alasannya, kemampuan nuklir Pyongyang telah terverifikasi. Menurutnya, tak ada yang perlu dibuktikan.

Situs uji coba nuklir Korea Utara telah menyelesaikan misinya,” kata Kim Jong-un seperti dikutip kantor berita Korut.

Saat menyampaikan pidato tahun baru, Kim Jong-un juga mendeklarasikan rampungnya program nuklir dan rudal balistik negaranya.

Itu berarti, setelah melakukan uji coba nuklir selama enam kali, Korut tak merasa perlu memperbarui desain yang sudah ada.

Namun, meski mengumumkan akan menutup lokasi uji cobanya, belum ada indikasi Pyongyang akan memusnahkan senjata-senjata yang terlanjur ada.

Pengumuman mengejutkan tersebut dikeluarkan jelang dialog tingkat tinggi Korea Utara dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Kim Jong-un akan bertemu dengan koleganya, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pekan depan dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) antar-Korea pertama dalam dua dekade terakhir. Sementara, pertemuan dengan Donald Trump akan digelar pada Juni 2018.

Baik Korsel dan AS berupaya mendorong Pyongyang ke arah denuklirisasi. Reaksi positif pun disampaikan untuk merespon kebijakan Kim Jong-un.

“Ini adalah kabar baik bagi Korea Utara juga Dunia — kemajuan besar,” kata Donald Trump lewat akun Twitternya, @realDonaldTrump.

Donald J. Trump

@realDonaldTrump

North Korea has agreed to suspend all Nuclear Tests and close up a major test site. This is very good news for North Korea and the World – big progress! Look forward to our Summit.

Sementara, Seoul berpendapat, langkah yang dilakukan Korut adalah kemajuan yang sangat berarti.

“Hal tersebut akan berkontribusi menciptakan lingkungan yang positif bagi kesuksesan pertemuan tingkat tinggi Selatan-Utara dan Utara-AS,” demikian pernyataan dari kantor Moon Jae-in soal keputusan terbaru