Mengerikan, Main Ponsel di Malam Hari Picu Depresi. Berikut List Penyakit Berbahaya Lainnya

      Comments Off on Mengerikan, Main Ponsel di Malam Hari Picu Depresi. Berikut List Penyakit Berbahaya Lainnya

KESEHATAN – Dunia dalam genggaman. Nampaknya inilah tagline yang cocok menggambarkan ketergantungan masyarakat dengan ponsel.

Hanya dengan ponsel, masyarakat bisa mencari informasi dan memproses transaksi viaa handphone.

Makanya tidak jarang banyak yang ketagihan dengan ponsel.

Termasuk banyak orang kerap memainkan ponsel sebelum tidur di tempat tidurnya.

Berselancar di dunia maya seperti melihat timeline Instagram, berbalas komentar, curhat di Twitter, atau unggah keseruan aktivitas seharian di Path, merupakan serangkaian kegiatan yang hampir dilakukan generasi zaman now.

Rasanya, tidur seakan belum nyenyak jika belum update status.

Tahukan kalian, aktivitas tersebut bisa membahayakan diri kita.

Dilansir dari Independent.co.uk, sebuah penelitian profesor di Glasgow University, Inggris, dalam skala besar, yakni lebih dari 91.000 responden.

Hasilnya menunjukkan orang yang membuka timeline Instagram dan Twitter pada larut malam sebelum tidur dapat meningkatkan kemungkinan masalah psikologis seperti depresi, bipolar, dan neurotisisme.

Peneliti memaparkan perilaku penggunaan handphone sebelum tidur ini mengganggu kesehatan seseorang, hal ini merujuk pada jam biologis manusia.

Para peneliti menemukan sebanyak 11 persen lebih mungkin mengalami gangguan bipolar dan 6 persen harus berjuang melawan depresi.

Orang-orang tersebut, terbukti memiliki kebiasaan yang berbeda: lebih aktif di malam hari, daripada siang hari.

Selain itu, dilaporkan responden tersebut memiliki tingkat kesepian yang lebih tinggi daripada tingkat kebahagiannya sendiri.

Penelitian ini sebelumnya juga pernah dilakukan oleh Bolvin dan Boudreau dari McGill University, Kanada, yang dalam skala kecil, yang memaparkan adanya efek merugikan pada siklus ritme sirkadian dalam tubuh kita.

Ritme sirkadian adalah proses biologis dalam tubuh kita selama 24 jam, yang bertugas mengatur tubuh kita, kapan harus tidur, kapan harus bangun, kapan harus makan, istirahat, dan kegiatan lainnya yang diperlukan oleh tubuh.

Jika kita kerap menggunakan handphone sebelum tidur efeknya bisa merusak ritme tersebut dan parahnya berpotensi merusak sel saraf pada otak.

Maka dari itu Daniel Smith, pemimpin penelitian ini dari Glasgow University menganjurkan untuk membatasi jam malam (bermain handphone) hanya sampai pukul 22.00.

Ia menambahkan, aktivitas pada siang hari memiliki peran yang penting juga, karena pola tidur yang sehat merupakan hasil dari tubuh yang aktif di siang hari dan tidak aktif (tidak terjaga) di malam hari.

“Saya pikir ini penting sebagai masalah kesehatan penduduk, mengingat begitu banyak dari kita yang hidup dengan ritme sirkadian yang terganggu,” ujar Daniel.