Menurut Riset, Pasangan yang Rutin Melakukan 4 Hal Ini Bakal Lebih Langgeng

Apa sih resep hubungan yang bahagia dan langgeng? Hm, pastinya banyak sekali cara dan tips yang bisa dicoba untuk menjaga kelanggengan sebuah hubungan. Setiap hubungan pun punya keunikan dan keistimewaannya sendiri.

Tapi kalau berdasarkan hasil sejumlah penelitian, pasangan bisa lebih bahagia dan langgeng bila rutin melakukan empat hal berikut ini. Yuk, kita kupas satu per satu sekalian ngecek juga apakah kamu dan pasangan sudah sering melakukan ini. Here we go!

1. Sering tertawa bersama
Dikutip dari onlinelibrary.wiley.com, pasangan yang sering tertawa bersama akan makin dekat. Psikolog sosial dan peneliti penelitian tersebut, Laura Kurtz mengatakan, “Secara umum, pasangan yang sering tertawa bersama biasanya memiliki kualitas hubungan yang lebih baik.”

Penelitian tersebut melibatkan 77 pasangan yang direkam untuk menceritakan kembali kisah pertama kali mereka bertemu, lalu diakhiri dengan survei kedekatan dan kecocokan. Peneliti kemudian menganalisis video pasangan tersebut soal frekuensi dan lama tawa mereka. Peneliti kemudian menemukan korelasi antara kualitas tawa dan skor tinggi pada survei kecocokan. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa wanita lebih banyak tertawa daripada pria, tetapi tawa pria lebih menular.

2. Melakukan kebaikan tanpa diminta
Dikutip dari time.com, sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Emotionmenyebutkan bahwa melakukan berbagai kebaikan untuk pasangan bisa meningkatkan keharmonisan rumah tangga. Penelitian tersebut melibatkan 175 pengantin baru dengan rata-rata usia perkawinan baru 7 bulan. Selama dua minggu, partisipan diminta untuk memperhatikan perilaku di mana pasangan membuat keputusan tanpa diminta untuk memenuhi kebutuhannya sambil mencatat kondisi emosi hariannya. Hasilnya ditemukan bahwa pasangan yang melakukan kebaikan-kebaikan tanpa diminta memiliki kondisi emosi yang positif. Bahkan yang melakukan kebaikan bisa merasa 45% lebih bahagia daripada yang mendapat kebaikan itu. Memberi ternyata bisa lebih membahagiakan, ya.

Yuk Gabung ke Kartu66 Agen Poker Online Terpercaya Di Indonesia. Rasakan Kartu Cantik Nya Dan Nikmati Layanan Customer Service Kami 24 Jam Nonstop Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Melalui Live Chat Link Kami
Link : promosiweb.net | hokiceme.com

3. Rutin berhubungan intim
Nah, ini khususnya buat yang sudah menikah ya. Menurut sebuah penelitian dari Society for Personality and Social Psychology, seperti yang dikutip dari sciencedaily.com, pasangan yang berhubungan intim minimal satu kali seminggu lebih bahagia daripada pasangan yang jarang berhubungan intim. Tapi bukan berarti pasangan yang melakukan hubungan intim setiap hari juga bakal lebih bahagia.

“Penemuan kami menyimpulkan bahwa penting untuk menjaga kedekatan intim dengan pasangan, tapi tidak harus berhubungan seks setiap hari selama bisa menjaga kedekatan tersebut,” ungkap kepala peneliti, Amy Muse. Jadi jangan terbebani dengan tuntutan untuk berhubungan intim setiap hari, ya.

4. Menjadwalkan kencan rutin
Penelitian yang satu ini juga menarik. Dikutip dari journals.sagepub.com, ada sebuah penelitian yang menyurvei lebih dari 500 orang yang berusia 18-92 tahun. Hasil survei pun menyebutkan bahwa menjadwalkan kencan rutin bisa memberi dampak positif yang cukup signifikan untuk hubungan jangka panjang.

Para peneliti menyebutkan hal tersebut bisa terjadi karena berkencan bisa membuat hubungan tetap terasa baru. Sekalipun usia terus menua, menjadwalkan kencan rutin dengan mencoba hal-hal baru bisa membuat hubungan lebih langgeng. Perasaan pun jadi lebih bahagia.

Empat hal tersebut bisa kamu coba dengan pasanganmu, ladies. Untuk membangun pernikahan yang langgeng dan harmonis memang perlu usaha dari masing-masing pasangan. Semoga kamu dan pasangan bisa terus berbahagia selalu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *