Menyelam Di Nusa Penida, Bali. Turis Asing Ini Langsung Viral di Sosmed

Video wisatawan asing menyelam di obyek wisata Manta Point Pulau Nusa Penida, Bali mendadak viral. Video ini menampilkan wisatawan menyelam di tengah tumpukan sampah plastik. Obyek wisata Manta Point merupakan spot menyelam yang paling disukai karena banyak ikan manta atau ikan pari yang sangat akrab dengan penyelam.

Video ini viral setelah diunggah di media sosial Facebook oleh akun Unilad Adventure. Bahkan sejak diunggah sudah dibagikan sebanyak 18.000 lebih dan ditonton sekitar 1 juta lebih pengguna netizen.

Video ini menggambarkan betapa kotor serta banyaknya sampah di obyek wisata menyelam Manta Point, Pulau Nusa Penida, Klungkung, Bali. Di antara sampah plastik yang memenuhi obyek wisata tersebut, bahkan manta atau ikan pari raksasa yang sebelumnya berjumlah ratusan yang bisa ditemui di kawasan tersebut, kini jarang terlihat.

Kondisi ini sangat disayangkan. Meski belum ada laporan adanya penurunan kunjungan jumlah wisatawan namun kondisi tersebut sangat memprihatinkan. Berdasarkan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup sampah tersebut diduga merupakan sampah kiriman akibat perputaran arus laut.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Nengah Sukasna, sampah kiriman kerap terjadi setiap tahun terutama pada Maret dan Agustus.

Jumlah wisatawan ke Kepulauan Nusa Penida sendiri per hari hampir mencapai sekitar 5.000 lebih. Keindahan bawah laut Nusa Penida menjadi primadona kawasan yang kerap dijuluki telur emasnya Pulau Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *