Mitos Awet Jodoh di Gerbang Surga China

      Comments Off on Mitos Awet Jodoh di Gerbang Surga China

Pegunungan Tai di Kota Taian dipercaya menjadi gerbang surga oleh masyarakat China. Di sana juga ada tempat berdoa yang katanya bikin awet jodoh.

Dalam perjalanan mancapai gerbang surga di Pegunungan Tai atau biasa disebut Taishan, ada sebuah tempat berdoa. Tepatnya setelah turun dari bus.

detikTravel bersama Dwidaya Tour menjelajahi Taishan yang terletak di Kota Taian, Provinsi Shandong, China . Tempat berdoa ini berada di kiri jalan dan ditandai dengan sebuah gerbang kayu.

Gerbang kayu tersebut dililit dengan kain doa berwarna merah. Pepohonan di sekitarnya pun tak luput dari kain doa.

Tak ada bangunan seperti kuil. Tempat berdoa ini justru di atas bongkahan batu yang mirip gua di dinding pegunungan. Areanya pun tak begitu luas.

Saat masuk, akan langsung terlihat tumpukan gembok yang digantungkan di depan gua. Sedangkan gua tersebut dijaga dengan pembatas rantai.

Rantai pembatasnya penuh dengan tumpukan gembok. Gembok dalam berbagai ukuran menggantungkan doa-doa pemiliknya.

“Biasanya para pasangan datang membawa gembok supaya hubungannya lancar,” ujar Selina dari China Tourism Board.

Selain pasangan yang belum menikah, tempat berdoa ini juga didatangi oleh pasangan suami-istri. Mereka berdoa supaya rumah tangga mereka harmonis. Gembok cinta, istilahnya.

“Mereka letakkan gemboknya di depan tempat ini dan biasanya kuncinya dibuang, tapi tidak di tempat ini. Tidak boleh membuang apa pun di sini,” ungkap Selina.

Di sisi kanan dan kiri gua juga terdapat kertas-kertas doa yang diikatkan di pepohonan kering. Batu-batu dengan ukiran kaligrafi China juga terlihat di sisi gua.

Tempat berdoa ini memang minimalis, namun di depannya terdapat meja dan tempat duduk. Sehabis berdoa, wisatawan bisa beristirahat sebentar di sini.

Taishan sendiri sangat populer bagi wisatawan domestik. Pegunungan sakral ini selalu ramai oleh pengunjung. Kebanyakan dari mereka memang mengkhususkan diri datang dan berdoa.