Nonton Film Horor Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

      No Comments on Nonton Film Horor Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

SEHAT – Pernah nonton film horor? Meski menyeramkan dan dapat menyebabkan mimpi buruk bagi siapapun yang menontonnya, namun berdasarkan penelitian terbaru, menonton film horor menyimpan banyak manfaat, apa saja?

Menyaksikan film horror dapat mempengaruhi kesehatan, diantaranya membakar kalori hingga meningkatkan imunitas tubuh. Berikut ulasannya seperti dilansir Times of India.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Stress mengungkap bahwa menonton film horor dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam jangka pendek. Ini karena meningkatnya sirkulasi darah saat menonton film horor. Selain itu, menonton film horor juga mampu produksi sel darah putih sehingga membantu melawan infeksi bakteri.

2. Membakar kalori

Penelitian yang dilakukan tahun di University of Westminster Inggris 2012 lalu menunjukkan menonton film horor dapat membakar kalori. Penelitian ini melibatkan 10 responden yang diminta menonton film horor berbeda-beda. Detak jantung, pengeluaran karbon dioksida dan asupan oksigen responden dimonitor selama menonton film.

Hasilnya, ditemukan bahwa mereka yang menonton film horor paling menyeramkan, menakutkan hingga beberapa kali melompat dari kursi mengalami pembakaran kalori hingga 184. Jumlah ini sama dengan kalori yang dibakar dengan berat badan 63,5 kilogram saat berjalan kaki selama 40 menit.

Sementara, pembakaran kalori terjadi karena hormon pemicu stres yang memicu hormon adrenalin. Kondisi ini membuat jantung terasa berdebar-debar hingga mengeluarkan banyak energi.

3. Memperbaiki suasana hati

Stimulan negatif yang dikeluarkan dari menonton film horor dipercaya mampu meningkatkan suasana hati. Penelitian pun menunjukkan, setelah menonton film horor, seseorang lebih bahagia hingga mampu menurunkan tingkat kecemasan dan frustasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *