Otoritas Saudi Tawarkan Tebusan pada Tersangka Korupsi

Otoritas Saudi Tawarkan Tebusan pada Tersangka Korupsi

LOBBYKIU – Otoritas Arab Saudi menawarkan pembebasan kepada para pengusaha dan anggota keluarga kerajaan yang ditahan dalam aksi penggerebekan oleh Komite Anti-Korupsi negara itu. Syaratnya adalah penyerahan kekayaan atau aset sampai 70% sebagai ganti pembebasan mereka.

Informasi itu dilaporkan oleh Financial Times (FT), mengutip dari sejumlah orang yang terlibat dalam diskusi terkait kasus itu. Sekitar 200 orang termasuk pangeran, menteri, pejabat militer senior, dan para pengusaha kaya ditahan di hotel bintang lima, Ritz-Carlton, Riyadh, sejak pekan lalu.

Jika persyaratan itu disetujui, ratusan miliar dolar akan dialihkan ke kas negara yang menipis. Arab Saudi mencatat defisit anggaran sampai US$ 79 miliar tahun lalu dan rendahnya harga minyak telah membawa negara itu ke dalam resesi.

Penangkapan para taipan itu diperintahkan oleh Raja Salman lewat putra sekaligus penerusnya, Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Tindakan keras itu tampaknya populer di kalangan warga Saudi yang meyakini bahwa negaranya diganggu oleh korupsi diantara anggota kerajaan dan para pengusaha yang berhubungan baik dengan mereka. 

Kejaksaan Agung menyatakan sedang menyelidiki tuduhan yang melibatkan total setidaknya US$ 100 miliar. Diperkirakan, 1.700 rekening bank sudah dibekukan.

Yuk Gabung ke LobbyQQ Agen Poker Online Terpercaya Di Indonesia. Rasakan Kartu Cantik Nya Dan Nikmati Layanan Customer Service Kami 24 Jam Nonstop Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Melalui Live Chat Link Kami
Link : promosiweb.net | hokiceme.com

Para tersangka yang ditahan antara lain Pangeran Alwaleed bin Talal yaitu seorang miliuner yang memiliki saham di Citigroup dan Twitter, juga merupakan keponakan Raja Salman. Alwaleed secara terbuka mendukung upaya reformasi negara itu.

Tersangka lainnya adalah Waleed al-Ibrahim, yaitu pendiri Pusat Penyiaran Timur Tengah, yang merupakan pemilik saluran televisi satelit Al Arabiya, dan Bakr bin Laden yaitu pimpinan kelompok konstruksi Bin Laden Group.

Para pengusaha yang ditahan diminta untuk menyerahkan aset-aset mereka. FT menyatakan banyak dari orang-orang yang ditahan sangat ingin mengamankan pembebasan mereka dengan menandatangani aset tunai dan aset-aset perusahaan.

“Mereka membuat kesepakatan dengan sebagian besar di Ritz. Serahkan uang tunai dan Anda pulang ke rumah,” kata seorang sumber yang terlibat dalam negosiasi tersebut.

Para anggota keluarga kerajaan telah lama menerima tunjangan bulanan yang tidak diungkapkan dari kas negara selama bertahun-tahun saat masa kejayaan minyak. Pemerintah dipaksa untuk memperkenalkan langkah-langkah penghematan sejak harga minyak jatuh tiga tahun lalu, mengurangi subsidi, dan meningkatkan biaya untuk penduduk menengah Saudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *