Pembukaan Asian Games, Hari Ini Jalan Sekitar GBK Ditutup 13 Jam

      Comments Off on Pembukaan Asian Games, Hari Ini Jalan Sekitar GBK Ditutup 13 Jam

NASIONAL Ruas jalan di sekitar Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, akan ditutup atau dialihkan jelang pembukaan Asian Games, Sabtu (18/8/2018). Ada lima ruas jalan yang akan dialihkan.

Kepala Korlantas, Brigjen Royke Lumowa, mengatakan pengalihan arus lalu lintas seputar GBK akan diberlakukan pukul 10.00 WIB hingga 23.00 WIB. Meski acara dibuka pukul 19.00 WIB, Royke memprediksi masyarakat ataupun para tamu undangan pembukaan Asian Games akan berdatangan ke area GBK sekitar pukul 14.00 WIB.

Sehingga, kata dia, agar tidak menimbulkan kepadatan, pihaknya bersama dengan Polda Metro Jaya akan mensterilkan lima ruas jalan tersebut lebih awal.

“GBK dan sekitarnya kami akan melakukan sterilisasi untuk lalinnya di titik-titik tertentu, yaitu mulai 10.00 WIB sudah mulai ada sterilisasi,” ujar Royke.

Lima ruas jalan yang ditutup adalah Jalan Hang Lekir dan Jalan Moestopo. Roy mengatakan pengendara yang akan mengarah ke Jalan Asia Afrika nantinya akan dialihkan ke arah Jalan Hang Tuah Raya.

Sementara di sisi barat area GBK, ada pengalihan pada Jalan Palmerah. Pengendara dari arah Manggala Wanabakti diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar, Permata Hijau.

“Jadi, dari arah Manggala Wanabakti sudah tidak bisa ke kiri (menuju Jalan Asia Afrika) karena ini sudah area steril,” ujarnya.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selanjutnya, Jalan Patal Senayan akan ditutup meski bersifat fleksibel. Para tamu undangan atau warga setempat bisa melewati jalan tersebut.

“Nanti ada pertigaan yang keluarnya itu Jalan Asia Afrika itu ditutup total,” imbuh Royke.

Terakhir, Jalan Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan akan ditutup. Bagi pengendara dari arah Bundaran Senayan akan diarahkan lurus menuju Semanggi. Sementara pintu masuk FX Sudirman melalui Jalan Jenderal Sudirman dibuka untuk keluar masuk kendaraan dan pintu keluar melalui Jalan Pintu Senayan akan ditutup.

Royke mengimbau masyarakat menggunakan moda transportasi umum selama pemberlakuan pengalihan arus lalu lintas ataupun penutupan jalan sekitar GBK.

“Kami imbau seluruh warga yang akan melintasi ruas jalan tersebut menggunakan moda transportasi umum,” tukasnya.

“Atau alternatifnya, pengendara pribadi menggunakan jalur tol,” tandasnya.