Pohon Beringin Raksasa Timpa Hotel di Kawasan Wisata Songgoriti Batu

      Comments Off on Pohon Beringin Raksasa Timpa Hotel di Kawasan Wisata Songgoriti Batu

BERITA TERKINI – Pohon beringin setinggi 25 meter dengan diameter 3 meter di kawasan pemandian air panas Songgoriti, Kota Batu, Jawa Timur, tumbang, Sabtu, 2 Juni 2018, petang. Pohon berusia tua itu menimpa sejumlah bangunan termasuk kamar hotel di dekatnya, tapi tak ada korban jiwa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Sasmito mengatakan pohon beringin tumbang sekitar pukul 17.45 WIB dan menimpa dua warung dan empat kamar hotel yang ada berada tak jauh dari pohon.

“Pohon tumbang karena sudah sangat tua. Beruntung tak ada korban jiwa, hanya menimpa bangunan,” kata Sasmito di Kota Batu.

Saat pohon beringin itu tumbang, tak ada tamu di dalam kamar hotel. Sedangkan di warung, pemilik dan pengunjungnya bisa lari menyelamatkan diri begitu tahu pohon roboh dan hendak menimpa bangunan. Kerugian material akibat kejadian ini juga sedang dihitung.

Tim reaksi cepat dibantu relawan dan warga setempat segera membersihkan reruntuhan warung dan kamar hotel. Namun, pemotongan batang dan dahan pohon yang tumbang belum bisa dilakukan hingga Sabtu malam lantaran cuaca sudah gelap.

“Sekarang hanya membersihkan puing bangunan, besok baru bisa membersihkan pohonnya,” ucap Sasmito.

Di sekitar pemandian air panas Songgoriti itu sendiri banyak pohon beringin besar dan berusia tua. BPBD Kota Batu mengimbau warga selalu waspada terutama jika cuaca sedang buruk. Apalagi sebagai kawasan wisata, wilayah ini cukup padat pengunjung terutama pada hari libur.